ANALISIS KUALITAS KOMUNIKASI DATA PADA TOWER BERSAMA

Aditya Rachma Dewangga, Mushlihudin Mushlihudin

Abstract


Jaringan Internet bukan hal yang asing lagi bagi kalangan masyarakat di Indonesia. Pengguna internet di Indonesia sudah terhitung banyak karena ketersediaan data dan informasi yang baru dan tidak terbatas menjadi salah satu stimulator masyarakat dalam mencari serta membaca berbagai pengetahuaan yang disediakan di internet. Serta dengan adanya kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dan semakin komplek maka banyak masyarakat yang menggunakan teknologi internet. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan adanya penelitian tentang kualitas komunikasi data. Kualitas yang diukur berdasarkan bandwidth dan packet loss masing-masing operator Global System for Mobile Comunication (GSM) dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dalam memilih jasa akses internet operator yang berkualitas baik.

Metode penelitian dengan melakukan pengukuran data, literatur, dan pengujian dilapangan yang meliputi pengujian kualitas bandwidth dan packet loss masing-masing operator Global System for Mobile Comunication (GSM) pada beberapa lokasi.

Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kecepatan rata-rata download dan upload operator XL, operator Axis dan operator 3(tri) di pengaruhi oleh jarak pengukuran. Sedangkan pada pengukuran  packet loss, jarak pengukuran juga mempengaruhi performance dari masing-masing operator GSM. Berdasarkan dari hasil analisis pada tower I, II dan III, jarak pengukuran mempengaruhi kualitas bandwidth dan packet loss masing-masing operator.

Kata Kunci : download, upload dan packet loss, operator GSM

Full Text:

PDF

References


Mundhofar, Akhmad, 2008, analisa perbandingan performansi ADSL dan 3G sebagai layanan broadband internet, Skripsi S-1, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan.

Aziz, Azwar, 2009, implementasi kebijakan pembangunan dan penggunaan menara bersama telekomunikasi.

Kurniawan, Adhi, 2009, analisa perbandingan penggunaan tower bersama dengan pembuatan tower baru pada pembangunan jaringan bts selular di PT. Indosat (project development roll out 2008), Thesis S-2, Konsentrasi Magister Manajemen Telekomunikasi, Universitas Mercubuana.

Ismail, Taufiq, 2011, materi kuliah komunikasi data dan jaringan komputer, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan.

Internet, 2011, http://www.scribd.com/doc/28390488/Kajian-Tekhnis-Tower-Bersama-2010 (diakses tanggal 14 maret 2011).

Internet, 2011, http://purwakarta.org/flash/GSM.pdf (diakses 14 april 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2564

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal