Sistem Pendukung Keputusan Menggunaka Metode Promethee (Studi Kasus: Cathead Apparel)

Muhammad Arif Nuur Hafidz, Murinto Murinto

Abstract


Industri konveksi saat ini menjadi salah satu klaster industri prioritas di Indonesia. Saat ini tidak semua perusahaan dapat memproduksi bahan baku utama sendiri namun didapat dari supplier. Cathead Apparel merupakan perusahaan konveksi yang beroperasi di Yogyakarta. Pemilihan supplier yang dilakukan Cathead Apparel masih bersifat subyektif dan konvensional hanya berdasarkan pengalaman menjadi mitra. Kriteria dan sub kriteria yang dipakai dalam menentukan supplier yang banyak dalam kasus ini bertujuan memberi solusi atau hasil dari beberapa alternatif untuk diambil sebuah keputusan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kesesuaian penerapan metode Promethee dalam kasus sistem pendukung keputusan pemilihan supplier konveksi agar dapat membantu pemilik konveksi maupun masyarakat umum dalam memilih supplier konveksi. Subyek penelitian ini adalah pemilihan supplier konveksi menggunakan algoritma Promethee. Sistem ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tahap penelitian ini meliputi subyek penelitian, spesifikasi kebutuhan yang berupa perangkat keras serta perangkat lunak yang digunakan, metode pengumpulan data yang meliputi studi pustaka, teknik wawancara, serta observasi, analisis kebutuhan sistem terdiri dari analisis kebutuhan data, analisis kebutuhan user serta analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem yang meliputi perancangan manajemen data, subsistem manajemen model, subsistem antar muka pengguna, serta subsistem manajemen berbasis pengetahuan, implementasi sistem, dan pengujian yang menggunakan pengujian beta test dan black box test menggunakan teknik equivalence partitions yang dilakukan berdasarkan lima tahapan, yaitu menentukan kriteria, data uji, kasus uji, pengujian, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi SPK pemilihan supplier yang menerapkan algoritma Promethee. Teknik equivalence partitions Dari hasil uji yang telah dilakukan kepada karyawan dan pemilik, diperoleh hasil 79% atau 3,95/5 diterima. Hasil pengujian menghasilkan feedback berupa rekomendasi untuk masukan bagi pemilik konveksi.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Promethee; Supplier

Full Text:

PDF

References


http://bppp.kemendag.go.id/media_content/2017/08/Isi-BRIK_Pakaian_Jadi.pdf diakses Juli 2021

Safrizal & Lili, T. (2015). Penerapan Metode Promethee dalam Penyeleksian Siswa Baru (Airlines Staff) pada LPP Penerbangan, Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015

Sofhian, Herry, S., & Helen, S. P. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Tanjungpura). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN).

Dyah, A., Nindi, F., & Riyanto. (2018). Metode AHP dan Promethee Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Obat. Jurnal ICT: Information Communication & Technology.

Ahmad, A. C., Bayu, S., & Farikhin. (2015). Implementasi Metode AHP dan Promethee Untuk Pemilihan Supplier. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 128-136.

Rani, I. H., & Yuni, D. (2017). Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tangerang. Jurnal Techno Nusa Mandiri Vol.XIV, No.1 Maret 2017.

Marbun, M., Sinaga, B., (2018). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar dengan Metode TOPSIS. Medan

Erdawati, Arie, L., Sukri A., Putri Y. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Dosen Berkualitas di STMIK Dumai Menggunakan Metode Simple Addative Weighting. STMIK DUMAI.

Aminudin N. & Ayu Ida. (2015) Sistem Pendukung Keputusan (DSS) Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada Desa Bangun Rejo Kec. Punduh Pidada Pesawaran dengan Menggunakan Metode Analytixal Hierarcy Process(AHP). Jurnal Technology Acceptance Model. Vol 5

Latif, A. (2015). Implementasi Kriptografi Menggunakan Metode Advanced Encryption Standar (AES) Untuk Pengamanan Data Teks. MUSTEK ANIM HA Vol. 4, No. 2.

Wahyudi, R., Ema, U., & M. Rudyanto, A. (2016). Sistem pakar e-tourism pada Dinas Pariwisata DIY menggunakan metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah DASI, Vol. 17, No. 2.

Taufik, H., & Mahmudin, M. (2020). Pengujian sistem informasi pendaftaran dan pembayaran wisuda online menggunakan black box testing dengan metode equivalence partitioning dan boundary value analysis. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), Vol. 6, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v9i3.20332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Arif Nuur Hafidz, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.