APLIKASI TES KEPRIBADIAN SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEREKRUTAN KARYAWAN DENGAN METODE MBTI (MYRES-BRIGGS TYPE INDICATOR)

renaldo irawadi

Abstract


Rekrutmen karyawan merupakan salah satu fungsi terpenting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Perekrutan karyawan yang tepat sesuai dengan harapan dan kepribadian karyawan, akan mampu meningkatkan produktifitas dan kepuasan kerja. Salah satu tes yang menunjang dalam perekrutan karyawan adalah tes kepribadian. Tes Kepribadian yang dilakukan menggunakan metode Myres-Briggs Type Indicator (MBTI).  Pelaksanaan tes yang dilakukan manual membuat SDM UAD memerlukan waktu yang lama untuk melihat keseluruhan hasil tes dan mempersulit pencarian data yang berwujud hardcopy. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi tes kepriadian yang terkomputerisasi dan dapat diakses melalui internet sehingga psikolog dapat dengan cepat melihat hasil tes dan langsung memberikan rekomendasinya, juga SDM UAD dapat langsung melihat hasil tes dan rekomendasi dari psikolog.

Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai metode antara lain studi kepustakaan, observasi dan interview. Pada tahap pengembangan Sistem Pendukung Keputusan dimulai dari data management, model management, knowledge management, dialog management. Model proses yang digunakan terdiri dari perencanaan, penelitian, analisis kebutuhan sistem dan pengguna, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pada perancangan sistem dimulai dari perancangan proses, perancangan tabel,  dan perancangan interface.

Hasil penelitian ini berupa aplikasi tes kepribadian menggunakan metode Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) berbasis web yang mana hasil pengujian didapatkan 100% kesinambungan sistem berjalan dengan baik dan penilaian objektif dari user didapat 36% sangat setuju, 61% setuju, 3% tidak setuju

References


Setiani, Baiq. 2013. Kajian Sumber Daya Manusia Dalam Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Di Perusahaan. Jakarta: Universitas Suryadarma.

Amaliyah, Mely. 2011. Aplikasi Tes Kepribadian untuk Penempatan Karyawan Menggunakan Metode MBTI (Myres-Briggs Type Indicator) Berbasis Web (Studi Kasus: PT.Winata Putra Mandiri). Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Alvianita, Viky. 2014. Sistem Tes Kepribadian Dengan Skala Likert Untuk Menentukan Calon Karyawan Di Perusahaan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mudrika, Nafis. 2009. Membaca Kepribadian Menggunakan Tes MBTI (Myres Briggs Type Indicator). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Subakti, Irfan. 2002. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i3.12377

Article Metrics

Abstract view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal