PENGEMBANGAN APLIKASI ESTIMASI WAKTU DAN BIAYA DENGAN METODE USE CASE POINT YANG DIINTEGRASIKAN PADA SCRUM PROJECT MANAGMENT

Sarah Nurul Qudsiah, Herman Yuliansyah

Abstract


Manajemen merupakan  suatu proses atau orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mendapatkan, mengendalikan, mengarahkan, memastikan, memandu, dan mengatur penggunaan sumber daya yang diperlukan dalam mencapai tujuan dari suatu bisnis secara tepat waktu. Manajemen tugas proyek (MTP) di Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dimana penyelenggaraan MTP bertujuan untuk membekali kemampuan mahasiswa untuk mengelola proyek dalam lingkup bidang Teknologi  Informasi serta melatih kemampuan kerja dalam tim.

Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalukan pengumpulan data yang terkait topik penelitian melalui Studi Literatur dan wawancara. Sistem ini diuji dengan 2 metode yaitu pengujian Black-box test dilakukan oleh Merlinda Wibowo, S.T dengan hasil sudah sesuai dengan kebutuhan proses dan pengujian white box.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Pengembangan aplikasi estimasi waktu dan biaya dengan metode use case point yang diintegrasikan pada scrum project manajement. Pengembangan Aplikasi web telah diuji dengan hasil yaitu   pengujian pada aplikasi estimasi waktu dan biaya proyek  di hasilkan sebuah Aplikasi yang membantu  mahasiswa MTP (Manajement Tugas Proyek) dalam menghitung waktu dan biaya proyek. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi   estimasi waktu dan biaya dapat berjalan dengan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya untuk membantu mahasiswa MTP untuk menghitung estimasi waktu dan biaya proyek.

Kata Kunci :Effort Rate (ER), Use Case Point (UCP), Mahasiswa

References


Ali Bou Nassif. 2011. Regression Model for Software Effort Estimation Based on the Use Case Point Method.IPCSIT vol.14 (2011) IACSIT Press, Singapore.

A. Abran, J. Desharnais, S. Oligny, D. St-Pierre, C. Symons, The COSMIC Functional Size Measurement Method v3.0.1, Measurement Manual, May 2009.

C.R. Symons, Software Sizing and Estimating: Mk II FPA (Function Point Analysis), John Wiley & Sons, Inc., New York, NY, USA, 1991.

G. Karner, Metrics for objectory, Master’s thesis, University of Linköping, Sweden, 1993

Fadhil Rahmat. 2008. Tingkat Kematangan Manajement Proyek Pada Beberpa Industri Kopi di Aceh (Riset). Institut Pertanian Bogor (IPB).

Irine Dwi Kenestie, Sholiq 2011. Penentuan Nilai Effort Rate (ER) Pada Metode Use Case Point (UCP) Untuk Estimasi Effort Proyek Pengembangan Perangkat Lunak di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknik Pomits.

Ken Schwaber. 2004. Agile Project Management with Scrum, Microsoft Press.

Kurniawan dkk.2013. Penentuan Effort Rate Pada Estimasi Effort Menggunakan Metode Use Case Point Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Website Kepemerintahan. Jurnal Sistem Informasi.( JSIKA Vol 2, No 2 (2013)/ ISSN 2338-137X).

M. Ochodek dkk. 2010. Simplifying Effort Estimation Based of Use Case Points (jurnal). Poznan University of Technology, Institute of Computing Science, Poznan, Poland.

Mudasir Manzoor Kirmani. 2015. Use Case Point Method of Software Effort Estimation: A Review . Volume 116 – No. 15, April 2015.

Muhadi Hariyanto dkk.2015. Estimasi Proyek Pengembangan Perangkat Lunak dengan Fuzzy Use Case Points.Vol. 1, No. 1, April 2015

Poonam Kumari.2015 .Turing Of Use Case Points(UCP) Analysis Parameter Using PSO.

Rick Kazman dkk. 2011. i UCP: Estimating InteractiveSoftware Project Size with Enhanced Use-Case Points. University of Hawaii.

Roy, K Clemons. 2006. Project Estimation With Use Case Points (Jurnal). Diversified Technical Services, Inc.

Schwaber K dan Sutherland J. (2013).Scrum Guide ID. Tersedia pada http://www.scrumguides.org/




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10837

Article Metrics

Abstract view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal