PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI RS KIA PERMATA BUNDA

Viviani Rosmala Dewi, Ali Tarmuji

Abstract


RS KIA Permata Bunda merupakan salah satu rumah sakit yang melayani ibu dan anak .Selain itu RS KIA Permata Bunda juga   melayani hamper seluruh  penyakit umum. sistem informaasi CRM (Customer Relationship Management) ini dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan di RS KIA Permata Bunda.Pembuatan Model Customer Relationship Management ini dilihat dari sudut pandang proses bisnis, data dan teknologi informasi yang diterapkan di RS KIA Permata Bunda serta pembuatan model Customer Relationship Management ini tidak sampai pada pembuatan aplikasi.

Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “Pembuatan Model CRM di RS KIA Permata Bundaâ€. Adapun tahapan dalam pembuatan model CRM ini antara lain pengumpulan data (observasi, wawancara, studipustaka, metodekuesioner). Analisis data meliputianalisis SWOT, analitycal, collaborative, Pembuatan Model meliputi Pembuaatan proses bisnis baru, Arsitektur data, Arsitektur aplikasi, Arsitektur teknologi, pembuatan model CRM, uji kelayakan model, serta Rekomendasi.

Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model perencanaan yaitu “Model Customer Relationship Managementâ€membantu pihak RS KIA Permata Bunda dalam menentukan perencanaan dan pengembangan system informasi yang mengarahkan pada hubungan RS KIA Permata Bunda dengan customer.Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dihasilkan telah sesuai dengan kebutuhan bisnis dan layak direkomendasikan karena penelitian dari responden 100% menyetujui model CRM yang diusulkan.

Kata kunci: Customer Relationship Management(CRM), RS KIA Permata Bunda

Full Text:

PDF

References


Agustiani, Gardanella. 2010. Analisis dan Perancangan Customer Relationship Management Pasien Rawat Inap Pada RS. DR. A. K. Gani Palembang. Skripsi S-1. STIMIK GI MDP.

Arum, Setiya. 2013. Pembuatan Model Customer Relationship Management.Skripsi S-1.UAD.Yogyakarta.

HM, Jogiyanto.(2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Danardatu, A. H. (2003).Pengertian Customer Relationship Management.Ilmu Komputer.Com

AlfiraGazali, Rezki. (2012). Pemodelan CRM pada bagian perhubungan dideshubkominfo DIY. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Soeltansyah, Hilfan. (2012). Hambatan Customer Relationship Management.http://hilfan.blog stistelkom.ac.id.

Naufal, Adib. (2012). Langkah-langkah implementasi CRM, http://my-smartlife.blogspot.com/langkah-langkah implementasi-crm.html.Wikiedia, 201.Proses Bisnis.http://wikipedia.org/wiki/proses_bisnis.

Dirgan, Gita, Perencanaan Sistem Informasi akutansi Angggaran. hhtp://elib.unikom.ac.id/files/disk1/539/jbptunikompp-gdl-gitadirgan-26915-2-unikom¬_g-i.pdf.

Surendro, kridanto. 2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i2.10826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Viviani Rosmala Dewi, Ali Tarmuji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.