PEMBUATAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BIDANG TANAMAN PANGAN DINAS PERTANIAN DIY

Andi Sujatmiko, Tedy Setiadi

Abstract


Pembuatan model Customer Relationship Managemant pada Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY sebagai acuan dalam perencanaan dan pengembangan sistem informasi yang mengarah pada layanan hubungan antara Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY dengan customer untuk masa yang akan datang. Masalah sistem informasi yang belum menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat khususnya petani tanaman pangan, keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan juga membuat interaksi antara Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY dengan Customer tidak berjalan dengan baik.

Model CRM diharapkan bisa digunakan untuk  acuan dalam rangka mengoptimalkan kinerja E-government di Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY. Terdapat tahapan-tahapan dalam pembuatan model CRM, tahapan tersebut antara lain pencarian data dengan metode wawancara, literatur, observasi dan survey. Analisis meliputi proses bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur tekhnologi, dan pembuatan kerangka model CRM mulai dari rencana strategi pengembangan layanan sistem informasi dan pengujian perancangan sistem dengan menggunakan uji kelayakan dan memberi rokemendasi model customer relationship management.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan “Model CRM pada Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media sistem informasi yang tersedia. Hasil uji kelayakan sistem menunjukan bahwa sistem yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi organisasi dalam meningkatkan pelayanan di Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY, sehingga terjalin sebuah hubungan yang kondusif dengan customer terkait.

Kata Kunci : Model Customer Relationship Management (CRM), Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian DIY.


Full Text:

PDF

References


Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management Concept and Tools. (Arief Subiyanto, Trans). Oxford: Elsevier.

Davenport, Thomas 1993. Process Innovation: Reengineering work through information technology. Harvard Business School Press, Boston.

Ghozali, Imam. 2013. Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) E-Government di Dinas Kelautan Dan Perikanan DIY

Indrajit, Richardus Eko. 2004. E-Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Kurniawati, Heni Endah. 2011. Pembuatan Model Sistem Informasi Pada Dinas Pertanian Pemerintah DIY Menggunakan SOA (Service Oriented Architecure)

Ladjamudin, Albahra. 2005. Analisis dan Design Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simarmata. 1983: ix-xii. definition of models.

Surendro, Kridanto. 2009. Pengembangan rencana induk sistem informasi. Informatika, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Sujatmiko, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.