PERANCANGAN SISTEM PERAMALAN DENGAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE UNTUK PENDUKUNG PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN JUMLAH PRODUKSI DAN PENJUALAN DI SIDEBACK CLOTHING

Muklis Syaifudiin, Nur Rochmah Dyah Pujiastuti

Abstract


Kesalahan perencanaan produksi memberikan kerugian yang cukup besar untuk pengusaha fashion Sideback Clothing. Penumpukan stock barang di gudang adalah salah satu masalah yang terjadi pada Sideback Clothing. Masalah tersebut ditimbulkan oleh beberapa faktor yang diantarannya adalah kurangnya pengetahuan tentang perencanaan produksi untuk periode berikutnya, penerapan metode yang tepat untuk memperkirakan jumlah produksi. Berdasarkan permasalahan pada Sideback Clothing, maka dibuat suatu penelitian untuk mampu membantu dalam merencanakan jumlah produksi dan memprediksi jumlah permintaan penjualan produk Sideback Clothing periode berikutnya.

Dalam penelitian ini metode penggumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, yaitu meliputi data penjualan atau data aktual dan data jumlah produksi. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah Single Moving Average, tahapan metode ini yaitu dengan mengambil sekelompok nilai pengamatan, mencari  nilai rata-rata tersebut sebagai ramalan untuk periode yang akan datang. Pada proses perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan, yaitu meliputi pembuatan use case diagram, activity diagram, squence diagram, entity relationship diagram (ERD) dan mapping table.

Dari penelitian yang diperoleh dengan tingkat MSE metode Single Moving Average lebih kecil yaitu 2.107 dibandingkan metode perusahaan yaitu 4.350,375. Sedangkan nilai MAD metode Single Moving Average yaitu 41 dan metode perusahaan yaitu 70. Dan dengan metode Single Moving Average menghasilkan sebuah pendukung keputusan untuk memprediksi jumlah produksi periode berikutnya serta peramalan permintaan penjualan produk Sideback Clothing periode berikutnya.

Kata Kunci : Perencanaan produksi, Single Moving Average, Perancangan sistem

Full Text:

PDF

References


Makridakis, S., Wheelwright, S. C., McGee, V..E 1995. Metode dan Aplikasi Peramalan (diterjemahkan oleh Ir. Untung Sus Adriyanto, M.Sc.), Jilid1, Jakarta : Erlangga.

Mulyandi Beny, Iriani Yani, 2010. Analisis Peramalanpenjualan Bahan Bakar Minyak Jenis Premium Di SPBU Pahlawan Asri Bandung. Jurusan Teknik Industri Universitas Widyatama Bandung

Octavia Tanti, 2013. Peramalan Stok Barang Untuk Membantu Pengambilan Keputusan Pembelian Barang Pada Toko Bangunan XYZ Dengan Metode Arima.

Sonny Tanaya Paulus , Tjandrarini A.B, 2010. Sistem Peramalan Pemakaian Bahan Baku Dengan Metode Single Moving Average(Studi Kasus Rumah Makan Sriwedari Surabaya). Tugas Akhir. Surabaya : Jurusan Sistem Informasi STIKOM Surabaya.

Rahmad Adi, 2011. Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Penjualan Batik Di Pekalongan Dengan Metode Trend Moment. Tugas Akhir. Semarang : Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muklis Syaifudiin, Nur Rochmah Dyah Pujiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.