Jeruk Sebagai Media Pembelajaran untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Keasaman (pH) terhadap Waktu Polarisasi pada Elemen Volta

Yudi Setyawati, Kholid Yusuf

Abstract


Fokus pembelajaran yang bermakna adalah mengkonstruksikan pengetahuan yang didalamnya siswa berusaha memahami materi sesuai apa yang mereka alami. Kegiatan di dalam laboratorium merupakan salah satu pembelajaran yang melibatkan peserta didik terlibat aktif membuktikan suatu konsep fisika. Salah satu materi pada kelas IX adalah elemen volta. Elemen volta tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam waktu yang lama karena terjadinya polarisasi. Untuk membuat pembelajaran menarik, diperlukan media yang manyenangkan dan menantang, media digunakan untuk menguji kadar pH dengan proses polarisasi. Larutan elektrolit yang digunakan adalah ekstrak jeruk yang dikondisikan dengan pH berbeda, buah jeruk dipilih sebagai larutan elektrolit karena bersifat asam, mudah di dapat dan murah. Elektrodanya lempeng Cu sebagai kutub positif dan lempeng Zn sebagai kutub negatif. Dari hasil kegiatan diperoleh data, semakin rendah nilai pH larutan (semakin asam) proses polarisasi terjadi lebih lama dibandingkan ekstrak jeruk yang memiliki nilai pH lebih tinggi (kurang asam).


Full Text:

PDF

References


Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta Gava Media, 2013

Anitah, Sri, Media Pembelajaran, Surakarta.Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.2009

Petrucci H Ralph, General Chemistry (Terjemahan).Jakarta Erlangga.1987 (Penerjemah: Achmadi, Suminar)

Ulya.S.A, Sutikno, Masturi, Pengaruh buah lemon sebagai media pembelajaran listrik dinamis terhadap kondisi stress belajar siswa.

Chang Raymond, General Chemistry (terjemahan), Jakarta. Erlangga 2004 (Penerjemah Departemen Kimia ITB)

Sudarjo.N, Suryono.I, Ensiklopedia IPA, Jakarta Lentera Abadi.2009

Agus T. Sutjipto. F.Lahagu, dan B. Irianto, Perilaku korosi pelet UO₂ dalam larutan korosif dengan teknik elektrokimia, Prosiding pertemuan dan presentasi ilmiah PPNY-BATAN Yogyakarta, Buku II, Yogyakarta, April 1995, hal. 45–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats