Identifikasi Tes Kemampuan Verbal Siswa Menurut WISC dengan Tema "Suhu dan kalor dalam Kehidupan" di MTs Plus Az Zahro Cilacap

Siti Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan verbal siswa menurut WISC dengan tema "suhu dan kalor dalam kehidupan" berdasarkan standar kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs Plus Az-Zahro Cilacap. Penelitian dirancang dengan memberikan tes kemampuan verbal menurut WISC yang terdiri dari 6 skala verbal yaitu Information (pengetahuan umum), Comprehension (pemahaman), Arithmetic (berhitung), Similarities (kemiripan), Digit span (rentang angka), dan Vocabulary (perbendaharaan kata). Data hasil pemberian tes menunjukkan bahwa 63,40% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala pengetahuan umum; 58,29% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala pemahaman; 38,72% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala berhitung; 40,43% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala kemiripan; 28,08% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala rentang angka; dan 53,19% peserta didik mampu menyelesaikan soal tes kemampuan verbal di skala perbendaharaan kata.


Full Text:

PDF

References


Adegbile dan Alabi, Effects Of Verbal Ability On Second Language Writers Achievement In Essay Writing In English Language, Interational Journal of African anf African America Studies. Vol. 1 No.1., 2007, Hal. 62-67.

Jane Oakhill, dkk.. The Differential Relations Between Verbal, Numerical and Spatial Working Memory Abilities and Children’s Reading Comprehension, International Electronic Journal of Elementary Education. Vol. 4 No. 1, 2011, Hal. 83-106.

R. L. Atkinson, R. C. Atkinson, E.E. Smith, dan D. J. Bem, Pengantar Psikologi, Interaksara, 1987.

Siti Fatimah, Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Modul dan Buletin Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Motivasi Berprestasi Siswa, Magister, Tesis, 2013.

Winkel, Psikologi Pengajaran, Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats