Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Kerja Kelompok melalui Penerapan Konstruktivisme pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Playen Tahun Pelajaran 2014/2015

Trihono Trihono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan kerja kelompok siswa pada mata pelajaran fisika kelas VIIIC SMP Negeri 1 Playen. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian berupa hasil pemahaman konsep fisika diperoleh dari test, kemampuan kerja kelompok diperoleh dari lembar observasi. Hasil analisis statistik menunjukkan pada siklus I hasil rata-rata pretes 46,72 meningkat menjadi rata-rata postes 72,97, pada siklus II rata-rata pretes 46,41 meningkat menjadi rata-rata postes 74,84, dan rata-rata pretes 47,03 meningkat menjadi rata-rata postes 77,34 pada siklus III. Sedangkan skor kemampuan kerja kelompok pada siklus I sebesar 66,56%, pada siklus II sebesar 76,88%, dan pada siklus III sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis tindakan yang telah dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan kerja kelompok siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Playen.


Full Text:

PDF

References


Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiuful Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Brunner, J. (2001). Constructivist Theory. http://TIP.htm.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Paul Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontruktivis dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suparwoto. 1988. Pemikiran Dalam Usaha Peningkatan Proses Belajar Mengajar Fisika/IPA melalui “Concept Teachingâ€. Yogyakarta: Jurdik Fisika FPMIPA IKIP Yogyakarta.

Conny Semiawan. 1985. Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Conny Semiawan, dkk. 1988. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats