Pengaruh Permainan dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Arif Rahman Aththibby, Dedi Hidayatullah Alarifin

Abstract


Menanamkan rasa suka, senang, tertarik, dan butuh kepada peserta didik merupakan salah satu kiat yang efektif untuk keberhasilan belajar peserta didik. Belajar tadak hanya dibatasi pada satu tempat, kondisi, ruang, dan waktu tertentu saja. Siswa akan termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik jika guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Keaktifan belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru sehingga pada akhirnya prestasi belajar siswa pun dapat ditingkatkan. Untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar dalam pembelajaran fisika diperlukan suasana yang menyenangkan. Hal itu dapat dilakukan melalui kombinasi brain Gym, ice breaking, dan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran fisika. Hasil dari penelitian yang dilakukan tentang pengaruh permainan dalam pembejaran fisika terhadap motivasi belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa implementasi permainan dalam pembelajaran fisika baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata motivasi belajar siswa dan juga hasil uji-t yang dilakukan. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar fisika bagi peserta didik, guru memiliki opsi menggunakan permainan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Murtiningsih. “Video Games dan Filsafat Pendidikan: Pendekatan Teori Simulacra Jean Baudrilladâ€. Prosiding the 4th international conference on indonesian studies : “Unity, Diversity, and Futureâ€, Lhoksumawe. 2013 .

Triwiyono, Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indone¬sia, Vol. 7, 2011, pp: 80-83.

Suparwoto, “Simetri Dalam Fisika dan Implementasinya dalam Pendidikan Karakterâ€. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. 2011 .

Pivec, Game-based Learning or Game-based Teaching. Becta, 2009.

Zaviera, F. Mengenali & Memahami Tumbuh Kembang Anak, Katahati. Yogyakarta.2008.

Gunadi, Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Penebar Swadaya, 2009.

Puspananda, Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dipadukan dengan Senam Otak Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Magistra No. 89 Th. XXVI 2014.pp:18-24

Sunarto, Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif, Cakrawala Media. Surakarta, 2012.

Rusmawan, Faktor Yang Memengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Cakrawala Pendidikan, 2013, Th. XXXII, No. 2. , pp. 285-295.

Arigiyati, Tri Astuti., Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Belajar, dan Dukungan Orang tua terhadap Prestasi Belajar Mata Kulian Metode Statistika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2009. Jurnal Wacana Akademika, Volume 3 No.9, 2011. pp. 922-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats