Desain kuis pembelajaran fisika berbasis teknologi pada materi hukum gravitasi universal

Rian Priyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan kuis pembelajaran fisika berbasis teknologi pada materi hukum gravitasi universal. Pengembangan kuis pembelajaran fisika menggunakan model 4-D. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran telah valid dan layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil analisis dari persepsi responden (N=33), media yang dikembangkan sudah praktis dan bisa digunakan sebagai media belajar responden. Penelitian lanjutan diharapkan dapat menguji keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang telah dikembangkan dan mengembangkan media berbasis teknologi pada materi lainnya.

This study purpose to develop technology-based learning quiz in the universal gravity law topic. The Development of this quiz on physics learning using 4-D model. The validation results show that the learning media is valid and feasible to be tested. Based on results of analysis perceptions of respondents (N = 33), obtained that the media developed is practical and can be used as a medium for student learning. Further research is expected to be able to test the effectiveness of the use of technology-based learning media that have been developed and develop technology-based media on other topic.

Kata kunci: media pembelajaran, teknologi, hukum gravitasi universal


Full Text:

PDF

References


R. Priyadi, S. Kusairi, and N. Indrasari, “Desain dan Pengembangan Video Pembelajaran Gerak Parabola Sebagai Fasilitas Remediasi Siswa,†J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 20–28, 2018.

N. Khoirudin, D. Wahyuningsih, and D. Teguh, “Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 9 untuk Siswa SMA pada Pokok Bahasan Alat Optik,†J. Pendidik. Fis., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2013.

I. M. Astra, “Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung,†J. Pendidik. dan Kebud., vol. 18, no. 2, p. 174, Jun. 2012.

I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Bebrbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,†DOUBLECLICK J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 68, Feb. 2018.

A. Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 2014.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo, 2014.

E. Dale, Audio-visual Methods in Teaching. New York: Dryden Press, 1969.

S. Tiagarajan, D. S. Sammel, and M. I. Semmel, Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: University of Minnesota, 1974.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

N. Sudjana and A. Rivai, Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru, 1990.

L. M. Silberman, Active Learning: 101 Cara Peserta didik Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11845

Refbacks



Copyright (c) 2019 Rian Priyadi


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats