Metode sinkronisasi : medan gravitasi, medan listrik dan medan magnet dalam proses pembelajaran fisika SMA

M. Yasin Kholifudin

Abstract


Dalam proses pembelajaran fisika tidak lepas dari fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan menghubungkan antar konsep dan daya ingat pesera didik dalam mempelajari konsep; medan gravitasi, medan listrik dan medan magnet rendah sehingga dalam menyelesaikan probelamatika fisika mengalami kendala dan berimbas pada hasil belajar fisika rendah. Untuk dapat mengatasi hal tersebut penulis memberikan solusi dalam pembelajaran yaitu menerapkan konsep berpikir metode sinkronisasi dalam pembelajaran dengan 3 tahapan berpikir; 1) analisis konsep, 2). menghubungkan antara konsep dasar secara komprehensip, dan 3) aplikatif, pada materi medan gravitasi, medan listrik dan medan magnet.  Dengan konsep berpikir metode sinkronisasi dalam pembelajaran ketiga konsep tersebut peserta didik merasakan situasi belajar yang menyenangkan, mudah mengingat kembali, dan mampu menemukan hubungan berbagai hal dalam menyelesaikan problematika ketiga konsep dengan katagori soal HOTS.

 

The Physics learning materials stated in syllabus are closely related with natural phenomena in everyday life. Those are interconnected one another. The students' ability to connect among the materials consept; gravitational field, electric field and magnetic field is inevitably needed for their better understanding of the materials. In fact, this is lour, and this results in their low achievement. To cope with this problem the writer sets forth the so called synchronization method, a way of thingking consisting three stages i.e; analysing the concept of the materials, connecting wholly among the materials, and applying both in the learning processes. The students' applying the syncronization method during learning processes they are eased at understanding the learning materials and easily recall the materials and funally they learn physic with fun. Besides they are able to solve physics problem in HOTS level.

 

Kata kunci: sinkronisasi, medan gravitasi, medan listrik, medan magnet


Full Text:

PDF

References


Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran, 2016

Permendikbud No. 24 Tahun 2016, silabus Fisika SMA, 2016

Permendikbud No 20 SKL Tahun 2016. Standar Kompetensi Untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah, 2016

Sears dan Zemansky, Fisika Universitas Edisi kesepuluh Jilid 1, Erlangga 2001

Halliday-Resenick, Patur Silaban, Erwin Sucipto, Fisika Edisi Ke 3 Jilid 2, Erlangga 1999

Yuant Tiandho, Koreksi Gaya Gravitasi dan efek gravitoelektromagnetisme Berdasarkan Entropi Gravitasi Kuantum, Jurnal Matematika, Saint dan Teknologi UT, Volume 18, Nomor 2, September 2017, 95-105




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats