IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN

Authors

  • Yunita Ariyastuti
  • Fitri Yuliawati

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9608

Keywords:

miskonsepsi, Ilmu Pengetahuan Alam, cerdas istimewa, soal esai

Abstract

Miskonsepsi atau salah konsep merupakan suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang itu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah miskonsepsi apa saja yang terjadi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Cerdas Istimewa di SD Muhammadiyah Condongcatur.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara mengadakan identifikasi miskonsepsi IPA menggunakan soal esai terhadap siswa kelas Cerdas Istimewa IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: partisipasi siswa kelas Cerdas Istimewa IPA dalam menjawab soal esai, hasil wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi IPA yang terjadi pada  siswa Cerdas Istimewa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman pada konsep bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan dengan persentase 62,5%, 37,5%, dan 37,5%, miskonsepsi pada konsep gaya sebesar 25% dan 12,5%.

References

Arikunto, Suharsimi 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Salirawati, Das, dan Wiyarsi, Antuni, ”Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Materi Ikatan Kimia Untuk Peserta Didik”, Jurnal Kependidikan, Vol. 42, No. 2, November 2012, hlm. 120 di http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/viewFile/1946/1597 diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10.17 WIB.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sumaji dkk. 1998. Pendidikan Sains Yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suparno, Paul. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika, Jakarta: Grasindo.

Suyono dan Hariyanto.2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-12-28

Issue

Section

Articles