IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN

Yunita Ariyastuti, Fitri Yuliawati

Abstract


Miskonsepsi atau salah konsep merupakan suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang  itu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah miskonsepsi apa saja  yang  terjadi  pada  mata  pelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Alam  siswa  Cerdas Istimewa di SD Muhammadiyah Condongcatur.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan  dengan  cara  mengadakan  identifikasi  miskonsepsi  IPA  menggunakan soal esai terhadap  siswa kelas Cerdas Istimewa IPA.  Data yang diperoleh  dalam penelitian  ini      meliputi:  partisipasi  siswa  kelas   Cerdas   Istimewa   IPA   dalam menjawab  soal esai, hasil wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi IPA yang terjadi pada  siswa Cerdas Istimewa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman pada konsep bentuk dan  fungsi  bagian  tubuh  pada  hewan  dan  tumbuhan  dengan  persentase  62,5%, 37,5%, dan 37,5%,  miskonsepsi pada konsep gaya sebesar 25% dan 12,5%.

Keywords


miskonsepsi; Ilmu Pengetahuan Alam; cerdas istimewa; soal esai

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JPSD terindex di :

       


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats