PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA 3 MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

Danuri Danuri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata kuliah matematika 3 Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Yogyakarta melalui implementasi cooperative learning tipe Jigsaw.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses implementasi cooperative learning tipe jigsaw. Desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data dalam penelitian ini  diperoleh dari hasil observasi, hasil tes, hasil angket partisipasi belajar siswa, hasil wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan cooperative learning tipe Jigsaw adalah sebagai berikut: Prestasi dan motivasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran cooperative learning dengan tipe jigsaw pada materi bangun ruang.  Hal ini ditunjukan dengan skor rerata kelas yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada prestasi belajar peningkatan yang terjadi 36,96 pada kondisi awal, 57,92 pada siklus I dan 74,28 pada siklus II. Sedangkan peningkatan motivasi belajar 44,86 pada kondisi awal, 65,64 pada siklus I, dan 77,33 pada siklus II.

Keywords


motivasi; prestasi; cooperative learning tipe Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JPSD terindex di :

       


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats