STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Adevia Indah Kusuma

Abstract


Semangat dan jiwa kewirausahaan muncul melalui sebuah proses yang panjang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman atau tidak terbiasa berada di lingkungan yang menunjang tumbuhnya semangat dan jiwa kewirausahaan tersebut. Seringkali lembaga pendidikan hanya menghasilkan peserta didik yang terampil namun tidak memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga pada akhirnya peserta didik terbentuk sebagai tenaga siap bekerja bukan pencipta lapangan pekerjaan. Jauh sebelumnya, pada proses penanaman jiwa kewirausahaan melalui pendidikan, terdapat proses pembentukan jiwa kewirausahaan yaitu melalui proses pembelajaran dan pembiasaan diri sebagai pencetus karakter di kemudian hari. Dalam hal ini, Sekolah Dasar (SD) sebagai pintu wajib belajar pendidikan pertama bagi anak tentunya memiliki peranan yang penting. Secara eksplisit, di jenjang pendidikan SD tidak ada kewajiban untuk mempelajari kewirausahaan. Namun, jika dihubungkan dengan kebutuhan, harapan dan dukungan pemerintah terhadap tumbuhnya jiwa kewirausahaan melalui pendidikan, maka hal ini layaknya perlu mendapatkan perhatian lebih. Berikut dijabarkan beberapa strategi yang dapat dilakukan manajemen dalam upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di lingkungan SD yaitu melalui kegiatan market week¸ kegiatan field trip pasar tradisional dan pasar modern, ekskul berbasis kewirausahaan, pengembangan perangkat pembelajaran, pengadaan lab kewirausahaan, penataan suasana sekolah untuk penanaman nilai-nilai kewirausahaan, pelatihan berbasis kewirausahaan yang berkesinambungan bagi tenaga pendidik, dan pemberian penghargaan.

Keywords


strategi; manajemen sekolah dasar; kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Budiawan, Noorman. 2011. Skripsi: Model Pendidikan Market Day di SD Alam Ungaran (Studi tentang Penananman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar). Semarang: Unnes.

Fitriyah, Badi’atul. 2014. Skripsi: Peranan Metode Karyawisata (Field- Trip) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan. Pekalongan: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) Pekalongan.

Hakim, Dhikrul. 2012. Prosiding Vol 1 No. 2: Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jombang: Unipdu.

Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ningsih, Puji Rahayu. 2012. Prosiding: Penerapan Metode Pembelajaran Mini Lab Untuk Melatih Dasar – Dasar Entrepreneurship Pada Siswa Menengah Pertama. Jombang: Unipdu.

Pakaya, Iwin.2013. Skripsi: Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Metode Karya wisata Di Kelas II SDN 02 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Goronntalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Rachmadyanti, Putri dan Vicky Dwi Wicaksono. 2016. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Setyono, Andik. 2014. Teaching Resource (online: www.eprints.dinus.ac.id) Literature Review. Universitas Dian Nuswantoro.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

http://www.depkop.go.id/content/read/ratio-wirausaha-indonesia-naik-jadi-31-persen/

http//kbbi.go.id/karyawisata/




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats