ANALISIS KESULITAN DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Dhiniaty Gularso

Abstract


Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar (SD) khususnya kelas rendah yaitu kelas 1, 2 dan 3.  Selama ini, pembelajaran tematik masih dirasakan sulit oleh sebagian besar guru dan calon guru SD. Kesulitan-kesulitan tersebut diantaranya kesuliitan dalam perencanaan pembelajaran tematik, Kesulitan-kesulitan ini berdampak pada kesiapan dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dialami mahasiswa program studi PGSD dalam hal merencanakan pembelajaran tematik untuk kelas I, II dan III di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UPY yang menempuh mata kuliah Pembelajaran Tematik sebanyak 266 mahasiswa. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu peserta ujian PPL I yang mendapatkan Pembelajaran Tematik sebanyak 24 mahasiswa. Data yang dikumpulkan berupa angket. Analisis data menggunakan modus.

Hasil penelitian menjunjukkan bahwa urutan langkah yang paling sulit hingga yang paling mudah dalam perencanan pembelajaran tematik calon guru SD adalah sebagai berikut (1) memetakan SK/KD dan indikator kedalam tema (2) menentukan indikator (3) menentukan tema dan minggu efektif (4) menyusun jaring-jaring tem satu semester (5) menyusun jaring tema per minggu (6) menyusun silabus (7) menyusun jaring tema pertema (8) menyususn penilaian (9) menyusun RPP (10) menyusun jaring-jaring tema perhari dan (11) menyusun bahan ajar.

Keywords


Analisis kesulitan, perencanaan pembelajaran tematik, sekolah dasar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a8171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JPSD terindex di :

       


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats