PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PROGRAM PREZI (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-2014)

Dedi Wahyudi

Abstract


Proses pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Mlati gurunya memiliki kendala dalam memotivasi semangat belajar siswa karena metode yang digunakan hanya ceramah. Buku pegangan untuk siswa kurang mencukupi sebab hanya ada satu buku ajar yang dipegang guru sehingga siswa hanya mencatat materi-materi yang diberikan oleh guru. Maka perlu adanya metode pembelajaran yang mengatasi problem tersebut yaitu multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak dengan program Prezi yang dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Prosesnya adalah meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian ini yaitu produk multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak telah layak digunakan di lapangan dan dapat meningkatkan prestasi peserta didik.


Keywords


multimedia, pendidikan, akhlak,dan prezi

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai. 2002.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Ciputat Pers)

Arifin, M. 1966. “Ilmu Pendidikan Agama Islam”, (Jakarta: Bumi Aksara) dalam Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Ciputat Pers)

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. (Jakarta: Ciputat Pers)

Muqowim. 2012.Soft Skills Guru. (Yogyakarta: Insan Madani)

Observasi mini riset tanggal 11 Januari 2012

sampai 20 Oktober 2013 di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman

Prezi, http://id.wikipedia.org/wiki/Prezi diakses tanggal 1 Januari 2014

Roestiyah,. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian (Jakarta: Rineka Cipta)

Solihin dan M. Rosyid Anwar, M. 2005. Akhlak Tasawuf: Manusia, Etika, dan Makna Hidup. (Bandung: Nuansa)

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung:Alfabeta)

Sukardjo. 2005. “Evaluasi pembelajaran: Diktat mata kuliah evaluasi

pembelajaran”. (Prodi TP PPs UNY: Tidak diterbitkan, 2005) dalam

Nyoman Mardika,I. Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran

Kosakata Bahasa Inggris Di SD dalam http://mardikanyom.tripod.com/Multimedia.pdf . Diakses tanggal 26

Oktober 2013.

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetens. (Yogyakarta: Ar Ruzz)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wawancara mini riset dengan Arwiti Nur Hidayah, S.Pd.I, Guru Pendidikan Akhlak SMP Muhammadiyah 2 Mlati, pada tanggal 28 September 2013

Windura, Sutanto. 2008.Mind Map Langkah Demi Langkah: Cara Paling Mudah dan Benar Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map Untuk Meraih Prestasi. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo)

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, (Jakarta: Dian Rakyat)

Zyainuri dan Eko Marpanaji. 2012. “Penerapan E-Learning Moodle untuk pembelajan siswa yang melaksanakan prakerin”, Jurnal Pendidikan Vokasi: Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indosesia dan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 2, Nomor 3, November 2012

Muqowim. 2012.Soft Skills Guru. (Yogyakarta: Insan Madani)

Observasi mini riset tanggal 11 Januari 2012 sampai 20 Oktober 2013 di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman

Prezi, http://id.wikipedia.org/wiki/Prezi diakses tanggal 1 Januari 2014

Roestiyah,. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian (Jakarta: Rineka Cipta)

Solihin dan M. Rosyid Anwar, M. 2005. Akhlak Tasawuf: Manusia, Etika, dan Makna Hidup. (Bandung: Nuansa)

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta) Sukardjo. 2005. “Evaluasi pembelajaran: Diktat mata kuliah evaluasi pembelajaran”. (Prodi TP PPs UNY: Tidak diterbitkan, 2005) dalam Nyoman Mardika,I. Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Di SD dalam http://mardikanyom.tripod.com/Multimedia.pdf . Diakses tanggal 26 Oktober 2013.

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetens. (Yogyakarta: Ar Ruzz)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wawancara mini riset dengan Arwiti Nur Hidayah, S.Pd.I, Guru Pendidikan Akhlak SMP Muhammadiyah 2 Mlati, pada tanggal 28 September 2013

Windura, Sutanto. 2008.Mind Map Langkah Demi Langkah: Cara Paling Mudah dan Benar Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map Untuk Meraih Prestasi. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo)

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, (Jakarta: Dian Rakyat)

Zyainuri dan Eko Marpanaji. 2012. “Penerapan E-Learning Moodle untuk pembelajan siswa yang melaksanakan prakerin”, Jurnal Pendidikan Vokasi: Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indosesia dan Program

Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 2, Nomor 3,

November 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats