UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI PERAN INDONESIA DI KAWASAN ASIA TENGGARA MELALUI PETA KONSEP SISWA KELAS VI SD NEGERI 7 MANGGAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15785Keywords:
Peta Konsep, Hasil Belajar, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Latarbelakang penelitian ini adalah siswa tidak memahami materi, terlalu banyak diberi tugas membaca, tidak suka pelajaran PKN. Hal ini disebabkan guru terlalu banyak ceramah, tidak ada rangkuman materi, penjelasan materi terlalu singkat, tidak ada alat peraga dalam menjelaskan materi, dan tidak ada diskusi kelompok, serta kenyataan dirasakan oleh guru kelas yang mengajar bidang studi PKn kelas VI di SD Negeri 7 Manggar, ternyata diperoleh data-data yang menunjukkan rendahnya perolehan hasil belajar siswa, diantaranya pada mata pelajaran Pkn tentang Peran Indonesia di Kawasan Asia Tenggara. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan Peta Konsep mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan Peta Konsep pada materi Peran Indonesia di Kawasan Asia Tenggara di Kelas VI SD Negeri 7 Manggar. Metode penelitian dilakukan melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes formatif. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan secara langsung di kelas dengan jumlah siswa 18 orang selama lima kali pertemuan yaitu satu kali prasiklus, siklus I dan siklus II. Setelah mengetahui hasil analisis yang dilakukan 3 kali, ternyata pada hasil analisis yang ketiga pada mata pelajaran PKn menunjukkan siswa sudah berhasil mencapai 84 %. Berdasarkan kegiatan pra siklus ditemukan 17 dari 18 siswa atau 94 % siswa yang memperoleh nilai < 7,5, sedangkan 1 dari 18 siswa atau 6 % siswa memperoleh nilai 7,5 dengan nilai rata-rata 4,4. Kegiatan siklus I ditemukan 10 dari 18 siswa atau 55 % yang memperoleh nilai < 75, sedangkan 8 dari 18 siswa atau 45 % memperoleh nilai 75 dengan nilai rata-rata 6,9. Sedangkan pembelajaran siklus II Pada pembelajaran PKn pengusaan materi oleh siswa mencapai 84 % untuk nilai 7,5 nilai rata-ratanya memuaskan yaitu 8,7. Dari hasil data tersebut mengalami terjadi peningkatan dari 6 % menjadi 84 % yang sangat memuaskan. Dengan persentase peningkatan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelaj
Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sanjaya Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group
Winataputra Udin.S,dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widoyoko Putro. 2016. Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
http://www.seputarpendidikan.com/2016/04/10-pengertian-pendidikan kewarganegaraan-menurut-para-ahli.html, dikutip pada tanggal 21 Maret 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License