UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI PERAN INDONESIA DI KAWASAN ASIA TENGGARA MELALUI PETA KONSEP SISWA KELAS VI SD NEGERI 7 MANGGAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Umi Fauzah

Abstract


Latarbelakang penelitian ini adalah siswa tidak memahami materi, terlalu banyak diberi tugas membaca, tidak suka pelajaran PKN. Hal ini disebabkan guru terlalu banyak ceramah, tidak ada rangkuman materi, penjelasan materi terlalu singkat, tidak ada alat peraga dalam menjelaskan materi, dan tidak ada diskusi kelompok, serta kenyataan dirasakan oleh guru kelas yang mengajar bidang studi PKn kelas VI di SD Negeri 7 Manggar, ternyata diperoleh data-data yang menunjukkan rendahnya perolehan hasil belajar siswa, diantaranya pada mata pelajaran Pkn tentang Peran Indonesia di Kawasan Asia Tenggara. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan Peta Konsep mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan Peta Konsep pada materi Peran Indonesia di Kawasan Asia Tenggara di Kelas VI SD Negeri 7 Manggar. Metode penelitian dilakukan melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes formatif. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan secara langsung di kelas dengan jumlah siswa 18 orang selama lima kali pertemuan yaitu satu kali prasiklus, siklus I dan siklus II. Setelah mengetahui hasil analisis yang dilakukan 3 kali, ternyata pada hasil analisis yang ketiga pada mata pelajaran PKn menunjukkan siswa sudah berhasil mencapai 84 %. Berdasarkan kegiatan pra siklus ditemukan 17 dari 18 siswa atau 94 % siswa yang memperoleh nilai < 7,5, sedangkan 1 dari 18 siswa atau 6 % siswa memperoleh nilai 7,5 dengan nilai rata-rata 4,4. Kegiatan siklus I ditemukan 10 dari 18 siswa atau 55 % yang memperoleh nilai < 75, sedangkan 8 dari 18 siswa atau 45 % memperoleh nilai 75 dengan nilai rata-rata 6,9. Sedangkan pembelajaran siklus II Pada pembelajaran PKn pengusaan materi oleh siswa mencapai 84 % untuk nilai 7,5 nilai rata-ratanya memuaskan yaitu 8,7. Dari hasil data tersebut mengalami terjadi peningkatan dari 6 % menjadi 84 % yang sangat memuaskan. Dengan persentase peningkatan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Peta Konsep; Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelaj

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Sanjaya Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group

Winataputra Udin.S,dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widoyoko Putro. 2016. Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

http://www.seputarpendidikan.com/2016/04/10-pengertian-pendidikan kewarganegaraan-menurut-para-ahli.html, dikutip pada tanggal 21 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats