PENTINGNYA MEMAHAMI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA : STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA

Ma'ruf Husein

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran, tidak menutup kemungkinan adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, bahkan siswa yang mengalami kesulitan belajar sering di labeli bodoh oleh orang yang berada di sekitarnya. Dalam penelitian ini penulis mengembanagkan Tes Skala Kesulitan Belajar V.1.1 untuk mendiagnosa kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini ini merupakan penelitian lapangan berupa studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes Draw a Person-IQ, dan tes Skala Kesulitan Belajar V.1.1. Dari hasil observasi proses pembelajaran serta wawancara dengan wali kelas, diperoleh data di kelas II SD Muhammadiyah Karangwaru terdapat siswa berinisial FI yang seringkali melamun dan kurang bisa mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini berdampak pada nilai akademik ananda yang cenderung lebih rendah dibandingkan teman-teman sekelasnya. Setelah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa menggunakan tes Skala Kesulitan Belajar V.1.1, Dalam kasus siswa FI, ditemukan bahwa ia mengalami kesulitan belajar di bidang membaca dan menulis.

Keywords


Kesulitan Bselajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2014). Learning to teach. McGraw-Hill.

Baharuddin. (2014). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan (V). Ar-Ruzz.

Burns, P. C., Roe, B. D., & Ross, E. P. (1984). Teaching Reading in Todays Elementary Schools. Houghton Mifflin Co.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Hurlock, E. B. (Elizabeth B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (2005). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga, Jakarta.

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(2), 152-172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Pingge, H. D., Wangid, M. N., & Weetebula, S. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. 2(1), 22.

Rohmanurmeta, F. M., & Farozin, Muh. (2016). Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10691

Runtukahu, J. T., & Kandou, S. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruuz Media.

Santrock, J. W. (2008). Life-Span Development. McGraw-Hill Higher Education.

Setiyadi, B. R., & Ramdani, S. D. (2016). Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa pada Pembelajaran Saintifik di SMK. 16.

Yulinda Erma Suryani. (2010). KESULITAN BELAJAR. Magistra, XXII(73 Th).




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats