IMPLEMENTASI LANDASAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI BACIRO DAN SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH

Ayu Nurwindasari, Sekar Arum Eka Ardana, Insanudin Oktafian, Miftahur Rohmah, Dinna Hidayatul Mutazam, Salma Azzahra Susilo, Dhimas Noersetiawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan landasan pendidikan yang ada di Sekolah Dasar dan keadaan sekolah yang menjadi objek observasi. Landasan pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu acuan bagi guru dalam membelajarkan anak di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menjelaskan keterlaksanaan landasan-landasan pendidikan yang diterapkan di kedua sekolah tersebut. Landasan pendidikan yang dimaksud di sini adalah landasan pendidikan yang menjadi acuan bagi guru agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif guna meningkatkan prestasi siswa. Pada penelitian ini, kami menggunakan metode non eksperiment/survey yang di antaranya dengan melakukan observasi dan wawancara. Metode ini dilakukan di Sekolah Dasar untuk mengumpulkan data yang maksimal terkait implementasi landasan pendidikan dan keadaan sekolah yang menjadi objek observasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui wawancara kepala sekolah serta observasi lingkungan sekolah. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis kualitatif dengan cara reduksi data dan penarikan kesimpulan.


Keywords


Educational Foundation, Teachers, Students, Elementary Schools

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Curricula. Volume 2, Nomor 1, Agustus 2004.

https://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/curricula/article/download/1472/pdf. Diakses pada 13 Desember 2019.

Aprilia. 2017. Bab II Kajian Teori. http://repository.ump.ac.id/4209/3/IMELDA%20APRILIA%20-%20BAB%20II.pdf. Diakses pada 1 Desember 2019.

Editor KLA. 2017. Sekolah Ramah Anak. https://www.kla.id/sekolah-ramah-anak/. Diakses pada 1 Desember 2019.

Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Reflika Aditama.

Kusgiant, MHD. 2016. Bab II Kajian Teoretis.http://repository.unpas.ac.id/13318/4/BAB%20II%20acc.pdf. Diakses pada 22 November 2019.

Muryaningsih, Sri & Ali Mustadi. 2015. Pengembangan RPP Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras di Sekolah Dasar. Researchgate. Volume 3 Nomor 2, Juli 2015, (190 - 201).

https://www.researchgate.net/profile/Ali_Mustadi/publication/307776591_ . Diakses pada 5 Desember 2019.

Mustadi, Ali, dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Nilantim, Anugraheni. 2019. Implementasi Landasan Pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Tegalpanggung.

http://nilantimanugraheni.blogs.uny.ac.id/2019/01/04/implementasi-landasan-pendidikan-sekolah-dasar-di-sd-negeri-tegalpanggung/. Diakses pada 19 September 2019.

Thaufan, Abiyuna R. 2017. Bab II Landasan Teoritis. http://repository.upi.edu/33614/5/T_PKN_1502415_Chapter2.pdf. Diakses pada 1 Desember 2019.

Mukaromah, U. 2016. Bab II Konsep Guru. http://eprints.walisongo.ac.id/6102/3/BAB%20II.pdf. Diakses pada 16 Desember 2019.

Wahyudin, Dinn, dkk. 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyawan, Wawan Wahyu & Ali Mustadi. 2015. Pengembangan SSP Tematik-Integratif Untuk Membangun Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa Kelas I SD. JPE. Volume 3 - Nomor 1, 2015.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4072. Diakses pada 5 Desember 2019.

Yanuarita, Widi Astuti & Ali Mustadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. JPE. Volume 2 - Nomor 2, 2014.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2723. Diakses pada 5 Desember 2019.

_____. _____. Bab II Landasan Teori. https://eprints.uny.ac.id/9397/3/bab%202%20-10712251005.pdf. Diakses pada 22 November 2019.

_____. 2013. Berita Negara Republik Indonesia.

http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2013/bn716-2013.pdf. Diakses pada 15 Desember 2019.

_____. 2017. Lembaran Negara Republik Indonesia. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/ln/2017/ps87-2017.pdf. Diakses pada 1 Desember 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats