ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR DI KOTA PANGKALPINANG

Maulina Hendrik, Sasih Karnita Arafatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar tematik kelas III SD di Kota Pangkalpinang yang akan dikembangkan; 2) analisis kebutuhan berdasarkan silabus pembelajaran kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang merujuk pada tahapan analyze Model Pengembangan ADDIE. Sumber data primer penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 3 SD Negeri 57 Pangkalpinang berjumlah 1 guru dan 38 siswa, MI Negeri 2 Pangkalpinang berjumlah 1 guru dan 30 siswa, SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang berjumlah 1 guru dan 35 siswa, dan silabus pembelajaran kelas III Kurikulum 2013. Sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah literatur dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis berupa 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan simpulan. Hasil analisis data terhadap guru kelas dan siswa kelas III yang diperoleh dari wawancara, angket, dan observasi menunjukkan: 1) Kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar: a) materi yang disajikan 80% berupa gambar berwarna; b) gambar yang disajikan berupa gambar konkret yang dekat dengan pengguna/ pembaca; c) mengandung unsur-unsur budaya lokal agar siswa mengenal lebih dekat kearifan lokal daerahnya; d) perbanyak kegiatan eksplorasi atau proyek; e) pilihan tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pembaca atau pengguna. 2) Berdasarkan analisis silabus pembelajaran, 1 tema memiliki 4 subtema. Masing-masing subtema memiliki muatan pembelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, PJOK, PPKn. Materi ajar disesuaikan dengan indikator pembelajaran.

Keywords


bahan ajar tematik, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Belawati, Tian. (2003). Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi ke satu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hardini, Isriani & Puspitasari, Dewi. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep, dan Implementasi. Familia: Yogyakarta.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Miles, M. B. & Hubberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mudlofar. (2014). Upaya Peningkatan Pengetahuan Belajar Siswa Melalui Metode Jigsaw pada Pembelajaran PPKn Materi Arti Sumpah Pemuda Kelas III Semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SD/MI. Jakarta: Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester 1 SD No.4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(1), 386-396

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v6i2.a14009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats