PENGARUH PENDEKATAN CTL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, P. W., & Bungo, M. (2018). Pengaruh pendekatan ctl dengan soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif, 3(1).
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL An analysis of creative thinking ability and learning interest of students of junior high school in solving open ended problem with CTL approach, 13(1), 63-75.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indrawan, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Surabaya: Refika Aditama.
Putri, R. O., Eka, P., & Abadi, A. M. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan CTL dan Problem Posing Ditinjau dari Ketercapaian SK / KD dan Kemampuan Koneksi Matematik The Effectiveness of Mathematics Teaching Using the CTL and Problem Posing Approaches Viewed from the Achieveme, 9, 79-89.
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk mahasiswa pgsd uad, 5(1).
Setiana, D. S., & Jailani. (2013). Komparasi Metode CTL dan Open-Ended dengan Gaya Belajar Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar A Comparison of CTL Method and Open-Ended in Terms of the Learning Styles Viewed from the Students Learning Achievement and Interest, 8, 135-145.
Siagian, R. E., & Flora. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa. Jurnal Formatif, 2(20), 122-131.
Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanti, T. (2013). Keefektifan Pendekatan CTL dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Religiusitas Siswa The Effectiveness of CTL and Problem Solving Approach in Terms of Students Mathematics Achievement and Religiosity, 8, 213-223.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a12865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id
JPSD journal indexed at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.