EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTISENSORIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INKLUSI

Mahilda Dea Komalasari, Bayu Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas multimedia interaktif berbasis multisensoris dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan subjek siswa kelas II SDN Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan dan tidak menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris dalam pembelajaran. (2) Multimedia interaktif berbasis multisensoris efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil uji coba lapangan yang diperoleh skor uji-t -19.061 dengan Sig. 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris. Adanya perbedaan prestasi belajar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris, dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemanfaatan media yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords


Multimedia interaktif; Multisensoris; Prestasi belajar; Inklusi

Full Text:

PDF

References


Agnew, P. W., Kellerman, A. S. & Meyer, M. J., (1996). Multimedia in the classroom. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Alimin, Z. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PKh UPI.

Arum, W., S., A. (2005). Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Dikti.

Cook, B., G., et al. (2000). Teacher‟s Attitudes Toward their Included Students with Disabilities. ProQuest Education Journals, 67 (1); 115.

Dirjen Dikdasmen. (2003). Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No. 380/C.C6/MN/2003, tentang Pendidikan Inklusif.

Fardana, N., A., & Tairas, M., M., W. (2012). Pengembangan Model Parental Involvement sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Literasi pada Anak Usia 4-6 Tahun di Wilayah Pedesaan Kabupaten Gresik. INSAN, vol. 14, no. 03: 179-193.