LIPSTIK (LIMBAH PLASTIK DAN KERTAS) SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Tri Indah Rusli, Wa Ndibale, Atika Atika

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun bahan baku pembuatan media sangat variatif, salah satu bahan baku media yang ekonomis, ramah lingkungan dan bernilai kreatifitas tinggi adalah media pembelajaran yang diciptakan dari limbah plastik dan kertas. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas (LIPSTIK) sebagai media pengajaran Bahasa Inggris serta bagaimana jenis pemanfaatan LIPSTIK. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar, yaitu Sekolah dasar yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai muatan lokal dalam kurikulumnya. maka penelitian yang akan dilakukan ini dibatasi pada sekolah dasar di provinsi Sulawesi Tenggara, yaitu Kota Kendari. Penelitian tentang pemanfaatan LIPSTIK sebagai meengajaran Bahasa Inggris sekolah dasar di Sulawesi Tenggara ini akan menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam (Depth Interviews) dan field Observation untuk menggali informasi dari informan tentang pemanfaatan LIPSTIK sebagai media ajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sekolah dasar negeri yang menjadi subjek dalam penelitian ini tak satupun yang menjadikan LIPSTIK sebagai media pengajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris namun memanfaatkan LIPSTIK sebagai media tanam dan juga kerajinan tangan sebagai hiasan yang digunakan di ruang kelas.

Keywords


Media Pembelajaran; Limbah Plastik; Kertas

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad,A. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers

Atika, A & Rusli, T.I (2016) Pemanfaatan Radio Komunitas sebagai Media Informasi dan Komunikasi Masyarakat di Sulawesi tenggara. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 19 (2)

Daryanto, 1993. Dasar- Dasar Teknik Mesin. Rineka Cipta, Jakarta.

Elektrik Book Limbah Menjadi Sumber Rejeki Jurnal Urif Santoso, diunduh dari Elektrik Book Dameze.blogspot.com/2011/05/makalah-dampak-limbah-terhadap.html

Febrianto F, Y.S. Hadi, dan M. Karina. 2001. Teknologi produksi recycle komposit bemutu tinggi dari limbah kayu dan plastik : Sifat-sifat papan partikel pada berbagai nisbah campuran serbuk dan plastik polipropilene daur ulang dan ukuran serbuk. Laporan Akhir Hibah Bersaing IX/1. direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara

Kriyantono R, 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Martinus, S. 2001. Kamus Kata Serapan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mutaqin, Zaenal. 2011. Buku Manfaat Limbah Bagi Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Rusli, T. I. (2013). E-Learning Management Of English 1 (Reading And Writing) At LTC Muhammadiyah University Of Yogyakarta. Unpublished Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyawati, D. 2003. Sifat Fisis dan Mekanis Komposit Serbuk Kayu Plastik Polipropilena Daur Ulang. [Thesis]. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor (tidak dipublikasikan)

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulaeman, R. 2003. Deteriorasi Komposit Serbuk Kayu Plastik Polipropilena Daur Ulang Oleh Cuaca Dan Rayap. [Thesis] Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor (tidak dipublikasikan)

Tarwoto, Ns. Dkk. 2010. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Utama di dan Mulyono. 2012. Cara Pengelolaan limbah. Jakarta: Sagung Seto.

_______. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakata; Balai Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v5i2.12581

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

Beralamat di:

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp.: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Fax.: (+62274) 564604
email: jpsd@pgsd.uad.ac.id


Jurnal JPSD terindex di :




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


View My Stats