PENGARUH METODE MORAL REASONING TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajat Sudrajat. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori Dan Praktik: Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Yogyakarta: UNY Press.
Apriani, A. N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. 2017. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. Taman cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2).
Apriani, A. N., & Ariyani, Y. D. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Nasionalisme pada Buku Teks Ktsp PKN Kelas 3 SD. Elementary school (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 4(2).
Ayuni, R.D., Siswati, & Rusnawati P. 2013. Pengaruh Story Telling Terhadap Perilaku Empati Anak. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol 12, Iss 2; pg. 122, pgs 10 diakses tanggal 2 September 2018
Borich, G. D. 1994. Observations skills for effective teaching. New York: Macmillan
Chaplin, J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Herminanto Sofyan. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik: Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mahasiswa. Yogyakarta: UNY Press.
Kohlberg, L. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral, diterjemahkan oleh Drs. John de Santo dan Drs. Agus Cremers SVD, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, Cetakan Pertama.
Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responbility. New York: Bantam Books.
Miftahuddin. 2008. Nasionalisme Indonesia: Nasionalisme Pancasila. Vol. 4 number 1, Januari 2008. Diakses dihttp://journal.uny.ac.id/index.php/ pada tanggal 03 Desember 2018 pukul 11.10 WIB.
Min, Rashid, & Nazri. 2012. Teachers' understanding and practice towards thematic approach in teaching Integrated Living Skills (ILS) in Malaysia. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (23), 273-281. Diakses dari http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_23_December_2012/31.pdf pada tanggal 20 Juli 2018.
Mukino, Edi, dan Irawan. 2016. Penerapan Model Moral Reasoning Untuk Membentuk Moralitas Dan Karakter Siswa Pada Pkn. Jurnal Studi Sosial. Vol 4, Iss 1; pg 42, pgs 10 diakses tanggal 25 September 2018
Panuju, P.& Umami, I. 2005. Psikologi Remaja. Tiara Wacana : Yogyakarta.
Rukiyati, dkk. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta. UNY Press.
Sarwono. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, S.L.N. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id
JPSD journal indexed at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.