PENGARUH METODE MORAL REASONING TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

An-Nisa Apriyani, Ruwet Rusiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode moral reasoning terhadap penanaman karakter nasionalisme siswa SD dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N Ngebel Kasihan. SD N Ngebel memiliki dua kelas, kelas V A sebagai kelompok kontrol menggunakan metode storytelling dan kelas V B sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode moral reasoning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan yang signifikan antara penanaman karakter nasionalisme dengan metode moral reasoning dan metode storytelling. Perbedaaan tersebut terlihat di semua subkarakter nasionalisme yang mencakup nilai “Ketuhanan Yang Maha Esa” dengan hasil uji t 0,155, nilai “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dengan hasil uji t 0,129, nilai “Persatuan Indonesia” dengan hasil uji t 0,405, nilai “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan” dengan hasil uji t 0,529, dan nilai “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” dengan hasil uji t 0,608.

Keywords


karakter nasionalisme; moral reasoning; bercerita

Full Text:

PDF

References


Ajat Sudrajat. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori Dan Praktik: Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Yogyakarta: UNY Press.

Apriani, A. N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. 2017. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. Taman cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2).

Apriani, A. N., & Ariyani, Y. D. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Nasionalisme pada Buku Teks Ktsp PKN Kelas 3 SD. Elementary school (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 4(2).

Ayuni, R.D., Siswati, & Rusnawati P. 2013. Pengaruh Story Telling Terhadap Perilaku Empati Anak. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol 12, Iss 2; pg. 122, pgs 10 diakses tanggal 2 September 2018