ANALISIS MISKONSEPSI MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA SISWA KELAS VI SD
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12576Keywords:
Miskonsepsi, Cara Perkembangbiakan Tumbuhan, CRIAbstract
Salah satu materi IPA adalah perkembangbiakan tumbuhan. Materi ini diakui guru sulit untuk disampaikan karena padat dan memerlukan banyak pengamatan. Kesulitan itu juga dirasakan oleh siswa, sehingga tidak jarang materi ini adalah materi yang sering dimiskonsepsikan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat miskonsepsi materi perkembangbiakan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas VI SDN Jember Kidul 02 yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI). Jawaban siswa dianalisis perindividu lalu dihitung persentase miskonsepsi. Metode CRI efektif dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi karena banyak sekali siswa yang menjawab soal dengan pengetahuannya sendiri, tetapi jawaban yang siswa berikan itu adalah jawaban yang salah (jawaban pengecoh). Siswa kelas VI SDN Jember Kidul 02 mengalami miskonsepsi materi perkembangbiakan tumbuhan dengan persentase 50,11%. Persentase tersebut dikategorikan sedang. Miskonsepsi tertinggi pada materi menjelaskan bunga sempurna yaitu sebesar 97,56%, sedangkan terendah pada materi mengidentifikasi perantara penyerbukan oleh serangga berdasarkan ciri-ciri bunga yaitu sebesar 7,32%.
References
Annisa, M., R. Yulinda, dan Kartini. 2017. Identifying The Misconceptions of Natural Science (IPA) Using CRI (Certanty of Response Index) at The Primary School Students in Tarakan. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. 2(2): 16-22. https://goo.gl/SoEwzb. [Diakses pada 15 Agustus 2017].
Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Citrosupomo, G. 2010. Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hakim, A., Liliasari, dan A. Kadarohman. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4(3): 544-554. https://goo.gl/86jwwK. [Diakses pada 15 Agustus 2017].
Haryanto. 2004. Sains Jilid 6 untuk Kelas VI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hasan, S., D. Bagayoko, dan E. L. Kelley. 1999. Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Teaching Physics. 34(5): 294-300. https://goo.gl/fksMed. [Diakses pada 9 Agustus 2017].
Longfield, J. 2009. Discrepant Teaching Events: Using an Inquiry Stance to Address Students Misconceptions. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 21(2): 266-271.
digitalcommons.georgiasouthern.edu/. [Diakses pada 9 Agustus 2017].
Mahmudah, R., Y. Pramudya, dan D. Sulisworo. 2016. Analisis Validitas Butir Soal Certainty of Response Index (CRI) untuk Identifikasi Miskonsepsi Materi Tata Surya dan Fenomena Astronomi. Tesis. Yogyakarta: Pendidikan Fisik Pascasarjana Universitas Ahmad Dalan. https://goo.gl/rqDVmi. [Diakses pada 9 Agustus 2017].
Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sutedjo, M. M. dan R. T. G. S. Kartasapoetra. 1989. Tumbuhan dan Organ-organ Pertumbuhannya. Jakarta: Bina Aksara.
Sutrisno, L., Kresnadi, dan Kartono. 2008. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tayubi, Y. R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan. 3 (24): 4-9. https://goo.gl/FXpWzA [Diakses pada 9 Agustus 2017].
Tjitrosomo, S. S. 1983. Botani Umum 1. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License