NILAI-NILAI ETIK PROFESI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP SISWA

Fitri Indriani, Muhammad Ragil Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi mahasiswa PGSD dan wali murid terhadap nilai-nilai etik guru SD terhadap siswa. 2) Kesamaan dan perbedaan antara perspektif mahasiswa PGSD dan wali murid SD tentang nilai etik guru SD terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Responden dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa PGSD UAD dan wali murid SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menyebutkan: 1) Baik Mahasiswa PGSD maupun walimurid sekolah dasar menilai bahwa seorang guru sekolah dasar hendaknya memiliki nilai etik yang menyeluruh, 2) Antara mahasiswa PGSD dengan wali murid sekolah dasar berpendapat sama, bahwa seseorang profesi guru sekolah dasar sangat penting untuk berpegang teguh dan memiliki nilai etik.

Keywords


nilai etik; profesi guru; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Assegaf, Abd. Rahman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan; Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Bunga Rampai. 2012. Isu Aktual Pendidikan. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi Keprofesional Madani. Jakarta: Kencana.

Sudarsono, FX.. 2007. Pendidikan Etika Yang Terpinggirkan dan Terlupakan. Dinamika pendidikan. No. 1/th. XIV/ mei 2007. Hal. 12-23

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/06/16/lmvu86-kronologis-kasus-contek-massal-hingga-terjadinya-amuk-massa diakses 14 maret 2015

http://www.jpnn.com/read/2016/06/29/450653/Air-Mata-Sang-Guru-Luruh-di-Ruang-Sidang-Semangat-Pak! Diakses pada 5 agustus 2016

Jawa Pos. 14 April, 2010. Guru Benturkan Siswa ke Papan Tulis, hlm 6.

Kawuryan, Sekar Purbarini. 2010. Pendidikan karakter di sekolah: masihkah menjadi tanggung jawab utama PKN?. Dinamika Pendidikan. No. 01/Th. XVII/Mei 2010. Hal. 96 - 104

Isnanto, Rizal. 2009. Buku Ajar Etika Profesi, Semarang: Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Setyani, Uni. 2007. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Intensi Menyontek Pada Siswa Sma Negeri 2 Semarang. Semarang: Program studi psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Taufik. 2014. Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, Dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 20 No 1, Juni 2014: Hal.59-65

Towaf. Siti Malikhah. 2014. Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 20. No. 1. Juni 2014. Hal. 75-85

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Zainal, Arnoldi. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas dan Kepercayaan Orang Tua/Wali Murid dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama Islam untuk Putra-Putrinya (Studi pada SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun). Jurnal Aplikasi Management. Volume. 11, No. 1 Maret 2013. Hal 155 160.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats