Rancang Bangun Penyemprot Pestisida untuk Pertanian Padi Berbasis Quadcopter

Miko Wardani, Anton Yudhana

Abstract


Quadcopter adalah pengembangan dari helikopter yang hanya memiliki sebuah rotor. Quadcopter banyak menjadi objek penelitian salah satunya dalam bidang pertanian. Quadcopter dapat digunakan untuk melakukan survei lahan, pemantauan jarak jauh maupun lainnya untuk mempermudah aktivitas pertanian terutama untuk penyemprotan hama dan pemupukan. Di masa mendatang teknologi ini layak untuk dimanfaatkan dan dikembangkan guna membantu kegiatan pertanian yang tepat guna dan efisien. Pestisida berbahaya tidak boleh terkena kulit secara langsung, terhirup atau mengenai mata. Kecelakaan akibat pestisida dialami petani terutama yang menggunakan penyemprotan secara manual pump. Untuk meminimalisir resiko penyemprotan maka dirancang quadcopter remote control khusus untuk menyemprotkan cairan pestisida pada tanaman padi. Quadcopter yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis quadccopter tipe X dengan dimensi 650mm yang dibuat oleh tarot. Quadcopter bergerak menggunakan 4 buah baling-baling (propeller) dengan ukuran 13x5,5-inch yang dipasang pada motor brushless 700KV. Quadcopter pada saat penyiraman cairan pestisida melakukan take off menggunakan 2 cara, yaitu penyemprotan dengan mode terbang GPS-hold dan penyemprotan mode terbang secara otomatis diatur melalui Mission Planner software. Penyemprotan pestisida menggunakan quadcopter menghasilkan penyemprotan yang sempurna apabila penyemprotan dilakukan dengan ketinggian 3m dengan menggunakan persentase nozzle holder 75%.


Full Text:

PDF

References


F. R. Abadi, “Penggunaan Quadcopter di Bidang Pertanian, Terobosan Tepat Guna dan Efisien untuk Pertanian Modern.,†2014. [Online]. Available: http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=566:penggunaan-quadcopter-di-bidang-pertanian-terobosan-tepat-guna-dan-efisien-untuk-pertanian-modern-&catid=26:lain&Itemid=59. [Accessed: 16-Sep-2017].

S. C. D. Sulistyoningrum, “Gangguan Kesehatan Akut Petani Pekerja Akibat Pestisida Di Desa Kedung Rejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang,†p. 94, 2008.

Gilang (2015), “Cara Menerbangkan Quadcopter bagi Pemulaâ€. Available at: https://www.gilangajip.com/cara-menerbangkan-quadcopter-pemula/ (Accessed: 3 November 2016).

Guntara, I. (2013), “Pengertian Layanan Waypoint dalam Sistem GPSâ€. Available at: http://www.guntara.com/2013/10/pengertian-layanan-waypoint-dalam.html (Accessed: 3 November 2015).

Hamdani, C. N. (2013) ‘Perancangan Autonomous Landing pada Quadcopter dengan Menggunakan Behavior-Based Intelligent Fuzzy Control’, Jurnal Teknik POMITS, 2(2), pp. 63–68.

untuk Menjaga Kestabilan Hover pada Quadcopter’, Jurnal Teknik ITS, 1(1), pp. 7–13.

Lema, R. A. N. (2016) ‘Flight Controller Pada Sistem Quadcopter Menggunakan Sensor Imu (Inertial Measurement Unit) Berbasis Mikrokontroller Atmega 2560’, Tugas Akhir, 116, p. 116.

Multazam (2016) ‘Pengaplikasian Autopilot Pada Pesawat Uav Sky King Untuk Misi Monitoring’, p. 67.

Ramadhan, B. (2015) ‘Realisasi quadcopter yang dikendalikan dari pc dengan komunikasi data melalui frekuensi radio pada band frekuensi uhf (sisi penerima)’, p. 78.

Taufik, I. (2011) ‘Pencemaran Pestisida pada Perairan Perikanan di Sukabumi- Jawa Barat’, Media Akuakultur, 6(1), pp. 69–75.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jiteki.v3i2.7479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
 


Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika
ISSN 2338-3070 (print) | 2338-3062 (online)
Organized by Electrical Engineering Department - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/jiteki
Email 1: jiteki@ee.uad.ac.id
Email 2: alfianmaarif@ee.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Teknik Elektro, Lantai 6 Sayap Barat, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia