REKAYASA CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) JOOMLA BERBASIS OPEN SOURCE UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ONLINE

Iqbal Iqbal

Abstract


Pada umumnya para pengguna CMS Joomla dalam membuat website hanya menggunakan fitur-fitur standar (seperti sistem konten, web links, contact forms) yang ada pada CMS Joomla tanpa melakukan pengembangan dari fitur-fitur tersebut. Hal ini akan menjadi suatu masalah jika fitur yang diinginkan belum terdapat pada CMS Joomla.

Saat ini banyak pengembang web yang cenderung menggunakan CMS karena kemudahannya. Hal ini juga memungkinkan pengembangan CMS untuk sistem informasi berbasis online, namun belum ada pengembang CMS yang menyediakan komponen atau fitur sistem informasi berbasis online. Sehingga tujuan penelitian ini adalah pengembangan CMS yang difokuskan dalam hal penambahan fitur berupa component dan module sistem informasi online.

Kata kunci : Component, module, Sistem Informasi, CMS, Joomla 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Firman, 2008, Rekayasa CMS Joomla Untuk Pembuatan Sistem Informasi Lowongan Kerja Online, Laporan TA, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS, April 2005, Aplikasi Manajemen Database Pendidikan berbasis Web dengan PHP dan MySQL, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS, September 2004, Membuat Aplikasi Database Karyawan Online berbasis Web dengan PHP dan MySQL, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto: Analisa dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, 1990, Andi Offset, Yogyakarta.

Muchlas., Pujiyono, Wahyu., Setyawan, Martomo., Astuti, R. D., dan Isnanto, R. R., 2005, Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi/Tugas Akhir, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Prasetyo, Didik., 2005, Solusi Menjadi Web Master Melalui Manajemen Web dengan PHP, Elex Media Komputindo, Jakarta

Rachdian, Adhi., Sikumbang, Andy., 2006, Mastering CMS dengan Mamboo/Joomla, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sitindaon, Fernando, 2000, Implementasi CMS Dalam Sistem Informasi Berbasis Web, Laporan TA, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v3i1.a5261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats