ERBANDINGAN PENCARIAN JALUR TERPENDEK ANTARA JARINGAN SYARAF TIRUAN METODE KOHONEN SELF-ORGANIZING MAPS DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN METODE BOLTZMANN MACHINE

Ardi Pujiyanta

Abstract


Dalam kehidupan nyata atau dalam kehidupan manusia sehari-hari, banyak yang harus ditentukan untuk mengerjakan suatu pekerjaan mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi kekacauan dalam mengerjakan sesuatu, seperti misalnya seorang pengantar paket barang dengan rute dan jarak yang berbeda-beda, maka terlebih dahulu harus dirancang perjalanan mana yang akan ditempuh terlebih dahulu dengan menentukan jalur mana yang lebih efisien. Pencarian jalur terpendek pun dapat menggunakan jaringan syaraf tiruan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengaplikasikan metode sistem jaringan syaraf tiruan dalam pencarian jalur terpendek dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan metode Boltzmann Machine dan membandingkannya dengan jaringan syaraf tiruan metode Kohonen Self-Organizing Maps. Penelitian dilaksanakan dengan membandingkan hasil pencarian jalur tependek jaringan syaraf tiruan metode Kohonen Self-Organizing Maps dengan jaringan syaraf tiruan metode Boltzmann Machine. Aplikasi perbandingan pencarian jalur terpendek ini menggunakan data koordinat dua puluh kota sebagai batas optimal, koordinat berupa lintang selatan dan bujur timur pada sebuah peta belahan bumi timur yang memiliki skala 1 : 90.000.000 dan ukuran petak 0,1243 cm x 0,1243 cm. Hasil perhitungan pencarian jalur terpendek dan waktu yang diperlukan komputer dalam mencari jalur terpendek menggunakan jaringan syaraf tiruan metode Boltzmann Machine lebih baik dari pada jaringan syaraf tiruan metode Kohonen Self- Organizing Maps.

Kata kunci : Boltzmann Machine, Jalur terpendek, Kohonen Self-Organizing Maps


Full Text:

PDF

References


. Agreement, License., 2000, MATLAB The Languagecof Technical Computing Creating Graphical User Interface, The MathWorks inc.

. Edyanto, Jozep., 2000, MATLAB Bahasa Komputasi Teknis, Andi Offset, Yogyakarta kerja sama dengan Pearson Education Asia Pte. Ltd.

. Fausett, L., 1994, Fundamentals of Neural Network Architektures Algorithm and Aplication, Printice Hall, Inc, New York.

. Helen, Afrida. Ridho, Ali. Rosyid, Nur., 2003, Optimasi Pemilihan Jalur Berbasis Multi Kriteria Dengan Membangun Metode AHP Dana Pengembangan Algoritma Djistra untuk Multi Path, Jurusan Politeknik Elektronika, ITS, Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan 18 Oktober 2003 Seminar Nasional Seminar On Electrical Engineering I 2003 (SEE I 2003), Yogyakarta.

. Khairuman, T., 2000, Studi Jaringan Syaraf Tiruan Mesin Boltzmann Pada Encoder Problem, ITB Central Library, Jl. Ganesha 10 Bandung, 40132, Indonesia.

. Kristianto, Andri., 2004, Jaringan Syaraf Tiruan (Konsep Dasar, Algoritma, dan Aplikasi), Gava Media, Yogyakarta.

. Kusuma, Sri., 2003, Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta.

. Kusuma, Sri., 2004, Membangun Jaringan Syuaraf Tiruan Menggunakan Matlab dan Exellink, Graha Ilmu, Yogyakarta.

.http://www.eecs.utoledo.edu/~serpen/professional/Research/Publication/ICNN%2 01997%20Presentation.pdf

.http://users.cs.cf.ac.uk/Antonia.J.Jones/Theses/UltturraranThesis.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v2i1.a5232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats