PROGRAM HOLISTIK E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Erika Kusumaputri

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi Critical SuccessFactors (CSF) Model terhadap implementasi e-learning di perguruantinggi Islam dan untuk mengusulkan strategi yang diperoleh dari perspektifholistik, konsultatif, dan emansipatori. Analisis organisasi menggunakanCSF berusaha menegakkan metode penelitian manajemen dengan maksuduntuk mengidentifikasi elemen-elemen esensial yang penting dalam mencapaiefektivitas proses perubahan. Data dianalisis dari hasil wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah dengan para pimpinan universitas, ketua puskom, dan unit penjaminan mutu (quality assurance), mengacupada sejumlah indikator CSF yang dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:kepemimpinan, struktural dan budaya; rancangan, teknologi, danpenyampaian materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap unsurinstitusi perguruan tinggi dipersiapkan untuk mampu melekatkan diri dengane-learning dalam mendukung pengembangan karir atau profesi, sehinggadiperlukan kemampuan universitas untuk mengelola proses perubahandengan mengusulkannya melalui diskusi perancangan tujuan (goal).


Keywords


Critical Success Factors, Diskusi Kelompok Terarah, E-Learning, Holistik, Wawancara Mendalam.

Full Text:

PDF

References


Duke, C.(2002). Managing the Learning University., Singapore : Sage Pub.

Harley, J. & Knight. (1996). Co-operative Inquiry:Research into the HumanCondition. London: Sage.

Huatori, M.L. & Wilson,T.D. (2001). “Determining organizational information needs:the critical success factors approach”, Information Research, Vol .6. No.3, avaible at: http://InformationR.net/ir/6-3/paper108.html

McPherson, M.A (2003). Planning for success in e-learning in HE: a strategic view.Proceedings of the 2nd International coference on emergingTelecomunications Tekhnologies and Applications and the 4thConference on Virtual University (ICETA 2003), 449-452.

Spil,A.A.M,. dan Salmela, H. (2003). The Fall of strategic information systemsplanning and the rise of a dynamic IS strategy.Proceedings of the 22ndInformation System Research Seminar in Scandinavia (IRIS 22).Available at: http://iris22. It.jyu.fi/iris22/pub.Spilsalmela_R301.pdf (diakses15 Februari 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
 

View My Stats