PELATIHAN ORIENTASI MASA DEPAN DAN HARAPAN KEBERHASILAN STUDI PADA SISWA SMA

Otih Jembarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan orientasi masa depan, terhadap peningkatan orientasi masa depan siswa dan hubungan orientasi orientasi masa depan dengan harapan keberhasilan studi. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X Semarang, berjumlah 37 orang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pre tes post tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala, yaitu skalaorientasi masa depan dan skala harapan keberhasilan studi. Uji beda digunakan sebagai teknik analisis data untuk mengetahui perbedaan orientasi masa depan sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan dan teknik korelasi product mement digunakan untuk mengetahui hubungan antara orientasi masa depan dengan harapan keberhasilan studi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien nilai Z=-5,304, artinya terdapat perbedaan orientasi masa depan pada siswa sebelum dan sesudah pelatihan. Pelatihan orientasi masa depan terbukti meningkatkan orientasi masa depan siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan besarnya koefisien koerelasi sebesar r=0, 477, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi masa depan dengan harapan keberhasilan studi siswa. Semakin tinggi orientasi masa depan siswa maka semakin tinggi harapan akan keberhasilan studi siswa.


Keywords


harapan keberhasilan studi, orientasi masa depan, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Aro, K.T.,Aunola, K., & Nurmi, J.E., (1991). Personal Goals During Emerging Adulthood, A 10-Year Follow-Up. Journal of Adolescent Research. Vol, X, No 10.

Havighurst, R. J. (1984). Perkembangan Manusia dan Pendidikan. Diterjemahkan: Firmansyah. Bandung: Jemmars.

Heinonen, H., Aro, A.R., Aalto, A.M., &Uutela, A.(2004). Is the evaluation of the global quality of life determined by emotional status? Journal Quality of Life Research,13 (8),1347–1356.

Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan. Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Jembarwati, O. (2011). Peran Harapan Keberhasilan dan Persepsi Perilaku Interpersonal Guru terhadap Kesejahteraan emosi Siswa.(Unpublished thesis).Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Johnson, R.A., &Wichern, D.W.(2002). Applied multivariate statistical analysis.Fifth Edition. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Lent, W. (2007).Restoring emotional well-being a theoretical model.Dalam Handbook of cancer survivorship. Journal of Behavioral Health Services, 3, 231-247.

Linley, P.A., & Joseph, S. (Ed.). (2004). Positive psychology in practice. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Monks, F. J., Knoers, A. M., &Haditono, S. R. (2002).Psikologiperkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurmi, J. E. (1989). Development of Orientation to the future during early adolescence: A Four-year Longitudinal study and two cross-sectional comparisons. International Journal of Psychology, 24, 195-214.

Petegem,K,V., Creemers,B., Aelterman, A., &Rosseel, Y.(2008).The importance of pre-measurements of wellbeing and achievement for students’ current wellbeing. South African Journal of Education, 28, 451-468.

Seginer, R,. (2010). Future Orientation: Developmental and Ecological Perspectives. The Springer Series on Human Exceptionaly. USA: Springer US

Reis, H. T., Sheldon, K. M., Gable, S. L., Roscoe, J., & Ryan, R. M. (2000). Dialy well-being: The role of autonomy, competence, and relatedness. South African Journal of Education, 26 (4), 419-435.

Santrock, J. W. (2002). Life-span development: PerkembanganMasaHidup . Jilid 2.Edisi 5.Alih ahasa :Chusairi, & Damanik. Jakarta: Erlangga.

Seginer, R, (2009). Future Orientation .Developmental and Ecological Perspectives. USA: Springer Science+Business Media.

Snyder, C.R., Feldman, D.B., Shorey, H.S., & Rand, K.L.(2002). Hopeful choices.a school counselor’s guide to hope theory. Journal of Professional School Counseling, 5(5), 298-308.

Snyder, C.R., & Lopez, S.J. (2002). Hope theory (257-276). Hand book positive psychology. New York : Oxford University Press.

Snyder, C.R., & Lopez, S.J. (2007). Hope theory, research, and applications: Positive psychological asesment. Kansas: APA.

Snyder, C.R., Shorey, H.S., Cheavens,J., Pulvers,K.M., Adam, V.H., &Wiklund, C. (2002). Hope and academic success in college .Journal of Educational Psychology, 4(94), 820–826.doi:10.1037//0022-0663.94.4.820.

Snyder, C. R. (2010). The Psychology of Hope. Newyork : The Free Press.

Trommsdorf, G. (1986). Future Time Orientation and its relevance for development as action. Development as Action: Problem Behavior and Normal Youth Development, 121-136.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v12i1.3828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
 

View My Stats