MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.329Keywords:
motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, kompetensi, dan kinerja guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui hubungan antara motivasi intrinsic kerja guru dengan kinerja guru; (2) Mengetahui hubungan antara motivasi ekstrinsik kerja guru dengan kinerja guru; (3) Mengetahui hubungan antara kompetensi guru dengan kinerja guru. Data dikumpulkan dengan beberapa skala yaitu: skala motivasi intrinsik, skala motivasi ekstrinsik, skala kompetensi dan pengukuran kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah guru-guru SMP Kota Ternate Utara yang berjumlah 160 orang, Sedangkan sampel dalam penelitian adalah sebagian dari guru SMP Kota Ternate Utara yang diambil melalui teknik cluster sampling sejumlah 105 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi intrinsic memiliki pengaruh yang signifikan dengan kinerja guru, (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik dengan kinerja guru. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi dengan kinerja guru.
References
Csikszentmihalyi, M. (2000). Beyond boredom and anxiety: Experiencing flow in work and play. (2nd ed) San Francisco: Jossey Bass.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Depdiknas. (2005). Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Depdiknas. (2005). Peraturan pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Montier, R., Alai, D., & Kramer, D. (2006). Measuring and evaluating: Competency models Develop top performance. Training and Development, 3, 47-50.
Muhadjir, N. (2007). Metodologi keilmuan. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Ridwan. (2009). Metode & teknik menyusun proposal penelitian, Bandung: Alfabeta.
Ryan, R.M., & Deci, E.L. (2000a). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55,68-78.
Ryan, R.M., & Deci, E.L. (2000b). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25, 54–67. doi:10.1006/ceps.1999.1020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.