MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, KOMPETENSI DAN KINERJA GURU

Yusra Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui hubungan antara motivasi intrinsic kerja guru dengan kinerja guru; (2) Mengetahui hubungan antara motivasi ekstrinsik kerja guru dengan kinerja guru; (3) Mengetahui hubungan antara kompetensi guru dengan kinerja guru. Data dikumpulkan dengan beberapa skala yaitu: skala motivasi intrinsik, skala motivasi ekstrinsik, skala kompetensi dan pengukuran kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah guru-guru SMP Kota Ternate Utara yang berjumlah 160 orang, Sedangkan sampel dalam penelitian adalah sebagian dari guru SMP Kota Ternate Utara yang diambil melalui teknik cluster sampling sejumlah 105 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi intrinsic memiliki pengaruh yang signifikan dengan kinerja guru, (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik dengan kinerja guru. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi dengan kinerja guru.


Keywords


motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, kompetensi, dan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Csikszentmihalyi, M. (2000). Beyond boredom and anxiety: Experiencing flow in work and play. (2nd ed) San Francisco: Jossey Bass.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. (2005). Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Depdiknas. (2005). Peraturan pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Montier, R., Alai, D., & Kramer, D. (2006). Measuring and evaluating: Competency models Develop top performance. Training and Development, 3, 47-50.

Muhadjir, N. (2007). Metodologi keilmuan. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Ridwan. (2009). Metode & teknik menyusun proposal penelitian, Bandung: Alfabeta.

Ryan, R.M., & Deci, E.L. (2000a). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55,68-78.

Ryan, R.M., & Deci, E.L. (2000b). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25, 54–67. doi:10.1006/ceps.1999.1020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
 

View My Stats