KEPRIBADIAN, KOMUNIKASI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA, IKLIM SEKOLAH DAN PERILAKU BULLYING

Authors

  • Irvan Usman Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.328

Keywords:

iklim sekolah, komunikasi, peran kelompok sebaya, perilaku bullying, tipe kepribadian

Abstract

Saat ini, perilaku bullying marak terjadi pada siswa di sekolah. Beberapa penelitian terdahulu berupaya mengetahui penyebab dan akibat perilaku bullying pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying padasiswa SMA di Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi dari tiga SMA di Kota Gorontalo yang berjumlah 103 siswa. Data dikumpulkan melalui beberapa skala yaitu skala kepribadian, skala komunikasi, skala pengaruh teman sebaya, dan skala perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknikan alisis regresi untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian, komunikasi interpersonal remaja dengan orang tua, peran kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying pada siswa SMA di kota Gorontalo.

References

Astuti, P.R. (2008). Meredam bullying. 3 cara efektif mengatasi kekerasan pada anak. Gramedia Widiaswara Indonesia: Jakarta

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Benitez, J. L., & Justicia, F. (2006). Bullying: Description and analysis of the phenomenon. Electronic Journal of Research in Educational of Psychology, 4 (9), 151-170.

Berger, C., Karimpour, R., & Rodkin, P. C. (2008). Bullies and victims at school: perspectives and strategies for primary prevention. In T. Miller (ed). School violence and primary prevention. (pp: 287-314). Springer-Verleg: New York.

Bettencourt, B. A., Talley, A., & Benjamin, A. J. (2006). Personality and aggressive behavior under provoking and neutral conditions: A meta analytic review. Journal of Psychological Bulletin, 132(5), 751-777.

Chapell, M. S., Hasselman, S. L., Kitchin, T., Lomon, S.N., MacIver, K.W., & Sarullo, P. L. (2005). Bullying in elementary school, high school, and college. Journal of Adolescence, 41(164), 633-648.

Edwards, D.C. (2006). Ketika anak sulit diatur: Panduan bagi orang tua untuk mengubah masalah perilaku anak. Kaifa: Bandung.

Eisenberg, M.E & Aalsma, M.C. (2005). Bullying and peer victimization: Position paper of the society for adolescent medicine. Journal of Adolescent Health, 36, 88-91.

Frisen, AA., Jonsson, A.K., & Altoe, G. (2006). Does emphaty predict adolescents’ bullying and defending behavior?. This is Preprint of an Article Accepted for Publication in Aggressive Behavior.

Gini, G., Albiero, P., Bonelli, B., & Altoe, G. (2006). Does empathy predict adolescents’ bullying and defending behavior ?. This is Preprint of an Article Accepted For Publication in Aggressive Behavior.

Holt, M. K., & Espelage, D.L. (2007). Perceived social support among bullies, victims, and bully-victims. Journal of Youth Adolescence, 36, 984-994.

Nation, M., Vieno, A., Perkins, D. D., & Santinello, M. (2007). Bullying in school and adolescent sense of empowerment: An analysis of relationship with parents, friends, and teachers. Journal of Community & Applied Social Psychology, 10(3),115-127.

Netto, G. (2007). Bullying Di Sekolah. Diakses dari http://genenetto.blogspot.com/ 2007/05/bullying-di-sekolah.html.

Novianti, I. (2008). Fenomena kekerasan di lingkungan pendidikan. Jurnal Insania, 13(2), 1-10.

Raad, B.D., & Perugini, M. (2002). Big five assessment. Hogrefe & Huber Publisher: Germany.

Rodkin, P.C., Farmer, T.W., Pearl, R and Acker, R.V. (2000). Heterogeneity of popular boys: Antisocial and prosocial configurations. Journal of Developmental Psychology, 36(1), 14-24.

Roland, E. (2000). Bullying in school: Three national innovations in Norwegian school in 5 years. Journal of Aggressive Behavior, 26, 135-143.

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles