Penyusunan Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi di Rumah Sakit XXX

Raditya Hernawa, Ferdinandus indiarto, Lucia Tresni

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penyusunan Penilaian kinerja berbasis kompetensi di Rumah Sakit XXX. Selama ini karyawan tidak puas terhadap penilaian kinerja yang digunakan dikarenakan penilaian kinerja dinilai kurang obyektif, tidak ada umpan balik untuk karyawan selain itu penilaian kinerja yang digunakan saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan kompetensi perusahaan. Dalam upaya meningkatkan obyektifitas alat penilaian kinerja, dan memaksimalkan tujuan penilaian kinerja maka dirancang penilaian kinerja berbasis kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi diujicobakan pada jabatan kasir bagian keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek relevansi, sensitivitas, reliabilitas dan penerimaan penilaian kinerja berbasis kompetensi lebih baik dibandingan penilaian kinerja yang digunakan selama ini.


Keywords


Penilaian kinerja, kompetensi

Full Text:

PDF

References


Appelbaum,S.H., Nadeau, D & Cry, M. 2009. Performance evaluation in a matrix organization: a case study (part 3). Industrial and Comercial Training, Vol.41no.1,9-14

Armstrong, M. 2003. The Art Of HRD: Managing People, A Practical Guide for Line Manager. Alih Bahasa: Ramelan. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Bernadin, H. J., & Russell, J. E. A. 1993. Human Resource Management: an experiential approach: McGraw-Hill Education - Europe McGraw-Hill Education.

Budiharto,S., & Fahmie,A. 2002. Evaluasi Sistem Penilaian Kinerja Pegawai Administratif Tetap Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Jurnal Psikologika, Tahun VII No.13.

CHIU, Kai-ting., & Michael. 2002. The Significance of a Value-driven Competency-based Performance Management System: Key Issues WithReference to Developments in the Hong Kong Police Force. Asia Journal Of Public Administration, Vol 24 No.2.235-256

Daya Dimensi Indonesia. 2009. Kompetensi: Kamus-Devinisi dan Perilaku yang Dapat Diamati RS. xxx.

Daya Dimensi Indonesia. 2009. Laporan Penyusunan Kompetensi Inti dan Kompetensi Rumpun Jabatan RS.xxx

Dessler, G. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1(ed 10). Jakarta: Penerbit Indeks.

Fuad, N., & Ahmad, G. 2009. Integrated Human Resouces Development:Berdasarkan Pendekatan CB-HRM, TB-HRM, CBT dan CPD. Jakarta: PT.

Grasindo. Gaspersz, V. (2007). Organizational Excellence: model strategic menuju world class quality company. Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ingarianti,T.M., & Yuwono,I.,Fajrianti. (2005). Performance Appraisal di PT. Otsuka Indonesia. Jurnal Psikodinamik. Vol 7 No.2.

Islam, Rafikul., & Rasad, M. 2005. Employee Performance Evaluation By AHP: A Case Study.dISAHP. Jully 8-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v11i1.2329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
 

View My Stats