PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borich, G.D., 2015, “Observation skills for effective teaching: research-based practiceâ€, London dan New York:
Routledge.
Gozali, F., dan Billion, L., 2012, “Pemanfaatan teknologi open source dalam pengembangan proses belajar jarak
jauh di perguruan tinggiâ€, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 47-57.
Koohang, A., dan Harman, K., 2005, “Open source: a metaphor for e-learningâ€, Informing Science Journal,
(1), 75-86.
Kumar, D., dan Lamba, S.C., 2013, “Open source software evaluation model for learning management systemâ€,
International Journal of Emerging Trends & Technology in Computer Science (IJETTCS), 2(4), 62-72.
Lakhan, S.E., dan Jhunjhunwala, K., 2008, “Academia has adopted open source software for some online
learning initiatives because it addresses persistent technical challengesâ€, Educause Quarterly, 31(2), 3240.
Mumu, J., Prahmana, R.C.I.,dan Tanujaya, B., 2017, “Construction and reconstruction concept in Mathematicsa Instructionâ€, Journal of Physics: Conference Series, 943 (2017) 012011,1-7.
Munir, 2008, “Kurikulum berbasis informasi dan komunikasiâ€, Bandung: Alfabeta.
Ngatmono, D., Riasti, B.K., dan Sasongko, D., 2015, “Membangun sistem operasi mandiri berbasis open source dengan metode remasterâ€, Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3), 39-47.
Riduwan, 2011, “Skala pengukuran variabel-variabel penelitianâ€, Bandung: Alfabeta.
Rofiq, M., dan Jatmika, S., 2012, “Aplikasi electronic learning (e-learning) berbasis open source dalam proses belajar mengajar di STMIK Asia Malangâ€, Jurnal JITIKA, 6(1), 52-65.
Sardiman, 2001, “Interaksi dan motivasi belajar mengajarâ€, Jakarta: PT Raja.
Sonnenburg, S., Braun, M.L., Cheng, S.O., Bengio, S., Bottou, L., Holmes, G., Yann, L., Muller, K.R., Pereira, F., Rasmussen, C.E., Ratsch, G., Scholkopf, B., Smola, A., Vincent, P., Weston, J., dan Williamson, R.C., 2007, The need for open source software in Machine Learningâ€, Journal of Machine Learning Research, 8(2007) 443-2466.
Sutrisno, 2012, “Kreatif mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis TIKâ€, Jakarta: Referensi.
Trianto, 2007, “Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistikâ€, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tanujaya, B, 2017, “Application of assessment as learning in Mathematics Instructionâ€, Proceedings of the 5th
South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference 2017, 140-143.
Widyaningsih, S.W., dan Yusuf, I, 2015, “Penerapan pembelajaran listrik dinamis model kooperatif tipe STAD
menggunakan pendekatan CTL dengan integrasi nilai-nilai karakter terhadap aktivitas dan hasil belajar
peserta didikâ€, Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(2), 223-234.
Yusuf, I., dan Subaer, 2013, “Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis media laboratorium virtual
pada materi Dualisme Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar†Jurnal Pendidikan
IPA Indonesia, 2(2), 189-194.
Yusuf, I., Widyaningsih, S.W., dan Purwati, D., 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern
berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013â€,
Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v10i1.9486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: bfi@mpfis.uad.ac.id
p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465