ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK POKOK BAHASAN VEKTOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU, SUMATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v10i1.9485Keywords:
kemampuan berpikir kritis, indikator, vektorAbstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 35 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban instrumen diagnosis KBK yang bejumlah delapan butir soal, observasi terhadap lembar jawaban siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa terbagi menjadi empat kategori, yaitu kategori tinggi (KBK 3) dengan persentase pencapaian sebesar 74,09%, kategori sedang (KBK 2) dengan persentase pencapaian sebesar 51,14, kategori rendah (KBK 1) dengan persentase pencapaian sebesar 24,43%, dan kategori sangat rendah (KBK 0) dengan persentase pencapaian sebesar 11,67%. Dari hasil penelitian didapatkan juga pencapaian siswa pada setiap indikator KBK. Pencapaian siswa dalam memenuhi indikator interpretasi sebesar 71,19%, analisis sebesar 25,53%, evaluasi sebesar 27,14%, inferensi sebesar 32,86%, eksplikasi sebesar 36,67%, dan regulasi diri sebesar 32,38%. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan berada pada kategori rendah dengan persentase pencapaian sebesar 35,91%.References
Airasian, P.W., dan Russel, M. K., 2010, “Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan assesmen:
revisi taksonomi pendidikan bloom (terjemahan)â€, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful, B., dan Aswan, Z., 2006, “Strategi belajar mengajarâ€, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fatmawati, H., Mardiyana, dan Triyanto, 2014, “Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah
matematika berdasarkan Polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat: penelitian pada siswa
kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014â€, Jurnal Elektronik
Pembelajaran Matematika, 2(9), 899-910.
Fithriyah, I., Cholis, S., dan Sisworo, 2016, “Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17
Malangâ€, Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP
I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Giancoli, D. C., 2001, “Fisika Jilid 1 (Terjemahan)â€, Jakarta: Erlangga.
Karim, N., 2015, “Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
model Jucama di Sekolah Menengah Pertamaâ€, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.
Kountur, R., 2009, “Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesisâ€, Jakarta: PPM.
Kowiyah, 2012, “Kemampuan berpikir kritisâ€, Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (5), 175-179.
Rofiah, E., Aminah, N. S., dan Ekawati, E. Y., 2013, “Penyusunan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat
tinggi fisika pada siswa SMPâ€, Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2),17-22.
Saptono, 2011, “Dimensi-dimensi pendidikan karakter: wawasan, strategi, dan langkah praktisâ€, Jakarta:
Erlangga.
Slameto, 2010, “Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhiâ€, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013, “Metode penelitian kuantitatif kualitatatif dan R & Dâ€, Bandung: Alfabeta.
Susetyo, B., 2015, “Prosedur penyusunan dan analisis tes untuk penilaian hasil belajar bidang kognitifâ€,
Bandung: PT Refika Aditama.
Suyono dan Hariyanto, 2011, “Belajar dan pembelajaranâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Young, H. D., dan Freedman, R.A, 2002, “Fisika universitasâ€, Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.