PEMANFAATAN MS EXCEL 2010 UNTUK PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF TENTANG TRANSFORMASI LORENTZ DALAM POKOK BAHASAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA

Yana Udin, Raden Oktova, Sari Sri Sukmawati

Abstract


Materi  transformasi    Lorentz  dalam  mata  kuliah  Fisika  Modern  S-1  Pendidikan  Fisika  dianggap  bersifat    abstrak  oleh mahasiswa, oleh karena itu diperlukan media interaktif yang praktis untuk belajar secara mandiri materi yang diberikan dosen dalam tatap muka, terutama untuk berlatih soal. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa  buku elektronik  menggunakan  MS Excel  2010 pada subpokok bahasan tersebut. Untuk membuat video animasi digunakan  Adobe  Flash  8.0.  Penelitian  ini  dilakukan  dengan  model  pengembangan  ADDIE,  yang  meliputi  langkah- langkah:  analysis  (analisis),  design  (perancangan),  development  (pengembangan),  implementation  (implementasi),  dan evaluation  (evaluasi).  Untuk  mengetahui  kelayakan  buku  elektronik  dilakukan  validasi  melalui  angket oleh  ahli  media (TI),  ahli  materi,  dan  pengguna  mahasiswa.  Tingkat  kelayakan  buku  elektronik  yang  diberikan  oleh  ahli  media,  ahli materi  dan  pengguna  berturut-turut  adalah  sebesar  89,58%,  79,41%,  dan  84,25%.  Dapat  disimpulkan  bahwa  buku elektronik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Kata kunci: buku elektronik, MS Excel 2010, transformasi  Lorentz.


Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N., 2015, “ADDIE model”, American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Anaraki, F., 2004, “Developing an effective and efficient elearning platform”, International Journal of the Computer, the Internet and Management, 12(2), 57-63.

Barua, A., 2013, “Methods for decision-making in survey questionnaires based on Likert scale”, Journal of Asian Scientific Research, 3(1), 35-38.

Charmonman, S., Mongkhonvanit, P., dan Kim, M.-J., 2015, “A survey of apps for e-learning 2015” dalam The Twelfth International Conference on eLearning for Knowledge-Based Society, 11-12 December 2015, Thailand, hal. 49.149.4.

Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciences”, Journal of Adult Education, 40(1), 19-22.

Liu, D., Valdiviezo-Díaz, P., Riofrio, G., Sun, Y.-M., dan Barba, R., 2015, “Integration of virtual labs into science elearning,” Procedia Computer Science, 75,

-102.

Muruganantham, G., 2015, “Developing of e-content package by using ADDIE model,” International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Nugroho, D.K., 2015, “Pengembangan media pembelajaran fisika SMA Kelas XI menggunakan Microsoft Excel 2010 pada pokok bahasan impuls dan momentum”, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(1), 1-5.

Nugraha, Dewanta, dan Wasis, 2014, “Pengembangan media e-book interaktif bilingual pada materi pokok kalor untuk SMA kelas X”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF),

(1), 1-7.

Restiyowati, Illa, dan Sanjaya, I.G.M., 2012, “Pengembangan e-book interaktif pada materi kimia Semester Genap kelas XI”, Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 130-135.

Sari, P., dan Oktova, R., 2010, “Pemanfaatan Web Builder untuk perancangan media pembelajaran online tentang pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis,”Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 54-63.

Serway, R. A., dan Jewett, J. W., 2014, “Physics for scientists and engineers (ninth edition)”, Boston, MA: Brooks/Cole.

Uddin, Z., Ahsanuddin, M., dan Khan, D. A., 2017, “Teaching physics using Microsoft Excel,” Physics Education, 52(5), 053001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

 



Jumlah Pengunjung Berkala Fisika Indonesia

B
erkala Fisika Indonesia