PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN
Abstract
Bahan ajar fisika SMA  materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan materi dan soal-soal. Selain itu, pada beberapa sekolah pembelajaran dilakukan melalu i presentasi informasi yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar fisika SMA materi pemanasan global terintegrasi nilai konservasi mengacu pada 3 dari 7 pilar Un iversitasNegeri Semarang (UNNES) konservasi, mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar, dan mengetahui perkembangan karakter rasa ingin tahu setelah siswa menggunakan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur penelitian memodifikasi tahap 4D Thiagarajan menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa.Â
Kata kunci: bahan ajar, pemanasan global, integrasi nilaikonservasi. Â
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional, 2008, “Panduan pengembangan bahan ajarâ€, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Hardati, P.,Setyowati, D. L. N., Wilonoyudho, S., Martuti, N. K. T., dan Uto mo,A. P. Y., 2015, “Pendid ikan konservasiâ€, Semarang: Magnum Pustaka Utama.
Kementrian Pendid ikan Nasional, 2010, “Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsaâ€, Badan Penelitian dan Pengembangan.
Majid, A., 2009, “Perencanaan pembelajaranâ€, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, E., 2014, “Metode penelitian terapan bidang pendidikanâ€, Bandung: Alfabeta.
Permatasari, O. I., Rusilowati,A.,dan Masturi, 2014, “Developing science learn ing materials for junio r h igh school based on way of investigating to improve scientific literacy â€, International Conference on Mathematics, Science, and Education, Semarang, 1-5.
Shepardson, D. P., Niyogi, D., Choi, S.,dan Charusombat, U., 2011,“ Students’ conceptions about the greenhouse effect, global warming, and climate changeâ€, Climatic Change, 104(3-4),481-507.
Sudrajat, A., 2011,“Mengapa pendidikan karakterâ€, Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1), 47-58.
Sumiyadi, Supardi, K. I. dan Masturi, 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis in kuiri dan berwawasan konservasiâ€, Journal of Innovative Science Education, 4 (1), 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i2.8836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: bfi@mpfis.uad.ac.id
p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465