PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN

Maria Ulfah, Rita Iva Fatmala, Diena Shulhu Asysyifa, Dwi Yulianti, . Masturi

Abstract


Bahan ajar fisika SMA   materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan  materi dan soal-soal. Selain  itu,  pada  beberapa sekolah  pembelajaran  dilakukan  melalu i  presentasi  informasi  yang  diperoleh  siswa. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendapatkan  bahan  ajar  fisika  SMA  materi  pemanasan global  terintegrasi nilai  konservasi  mengacu  pada  3  dari  7  pilar  Un iversitasNegeri  Semarang  (UNNES)  konservasi,  mengetahui tingkat  kelayakan  bahan  ajar,  dan  mengetahui  perkembangan  karakter  rasa  ingin  tahu  setelah  siswa menggunakan  bahan  ajar.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  Research  and  Development.  Prosedur penelitian  memodifikasi tahap 4D  Thiagarajan  menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk  kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter  rasa ingin tahu siswa. 

Kata  kunci: bahan ajar,  pemanasan global, integrasi nilaikonservasi.   


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, 2008, “Panduan pengembangan bahan ajar”, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hardati, P.,Setyowati, D. L. N., Wilonoyudho, S., Martuti, N. K. T., dan Uto mo,A. P. Y., 2015, “Pendid ikan konservasi”, Semarang: Magnum Pustaka Utama.

Kementrian Pendid ikan Nasional, 2010, “Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa”, Badan Penelitian dan Pengembangan.

Majid, A., 2009, “Perencanaan pembelajaran”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E., 2014, “Metode penelitian terapan bidang pendidikan”, Bandung: Alfabeta.

Permatasari, O. I., Rusilowati,A.,dan Masturi, 2014, “Developing science learn ing materials for junio r h igh school based on way of investigating to improve scientific literacy ”, International Conference on Mathematics, Science, and Education, Semarang, 1-5.

Shepardson, D. P., Niyogi, D., Choi, S.,dan Charusombat, U., 2011,“ Students’ conceptions about the greenhouse effect, global warming, and climate change”, Climatic Change, 104(3-4),481-507.

Sudrajat, A., 2011,“Mengapa pendidikan karakter”, Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1), 47-58.

Sumiyadi, Supardi, K. I. dan Masturi, 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis in kuiri dan berwawasan konservasi”, Journal of Innovative Science Education, 4 (1), 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

 



Jumlah Pengunjung Berkala Fisika Indonesia

B
erkala Fisika Indonesia