PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA/FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMADIYAH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH

Muhammad Minan Chusni

Abstract


Telah dilakukan penelitian korelasional untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika serta kemampuan penalaran terhadap hasil belajar IPA/Fisika. Pengambilan data dilakukan pada bulan September 2010 dengan populasi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian adalah korelasional dengan instrumen pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar matematika dan kemampuan penalaran berpengaruh secara berarti terhadap hasil belajar IPA/Fisika.
Kata kunci: kemampuan dasar matematika, penalaran, hasil belajar, IPA/Fisika.

Full Text:

PDF

References


Aprilia F., I. R., dan Wilujeng, I., 2015, “Hubungan kemampuan matematis dan kemampuan penalaran dengan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan benda tegar”, diakses tanggal 20 November 2016,dari http://www.e-jurnal.com/2015/04/hubungan-kemampuan-matematis-dan.html.

Fitriarsi, K. W., 2001, “Hubungan antara kemampuan numerik, kemampuan berpikir korelasional dan kombinatorial dengan pemahaman konsep gerak dan gaya pada siswa kelas 1 cawu I SMU 5 Yogyakarta tahun ajaran 2000/2001”, Yogyakarta: UNY.

Hariwijaya, 2005, “Tes intelegensi”, Yogyakarta: Andi Offset.

Haryadi, R., dan Pujiastuti, H., 2015, “Pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar fisika”, Prosiding SKF 2015, Bandung: Pendidikan Fisika UPI.

Lukyto, T., 2009, “Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar peserta didik dengan prestasi belajar fisika pada bab cahaya peserta didik SMP Negeri 3 Ponorogo”, Malang: UNM.

Markawi, N., 2003, “Pengaruh keterampilan proses sains, penelaran, pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika”, Jurnal Formatif, 3(1), 11-25.

Meltzer, 2003, “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible hidden variable in diagnostic pretest scores”, American Journal of Physics, 70(12), 1-42.

Oktaviana, D., Jufrida, dan Darmaji, 2016, “Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi”, Jurnal EduFisika, 1(01), 7-12.

Rapar, J. H., 1996, “Pengantar logika: asas-asas penalaran sistematis”, Yogyakarta: Kanisius.Rivai, V. H., 2003, “Upaya-Upaya meningkatkan hasil belajar kepemimpinan peserta diklat spamasurvei di Diklat Departemen Kesehatan”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(40). Slameto, 2010, “Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya”, akarta: Rineka Cipta.

Solso, R. L., 2007, “Psikologi kognitif”, Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N., 1987, “Penilaian hasil proses belajar mengajar”, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2002, “Metode penelitian administrasi”, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013, “Statistik untuk penelitian”, Bandung: Alfabeta.

Suharto, J., 2016, “Korelasi nilai matematika dengan nilai fisika pada peserta didik MAN Cikarang tahun pelajaran 2007-2008”, dikases 1 November 2016, dari https://www.scribd.com/doc/310367845/Korelasi-NilaiMatematika-Dengan-Nilai-Fisika-Pada-Siswa-Man-Cikarang-Tahun-Pelajaran-2007-2008:

https://www.scribd.com/

Sukadijo, G., 1999, “Logika dasar tradisional, simbolik dan induktif”, Jakarta: Gramedia.

Suriasumantri, J. S., 1984, “Berpikir sistem, konsep penerapan teknologi dan strategi implementasi”, Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta.

Thoifuri, 2007, “Menjadi guru inisiator”, Jakarta: Rasail Media Group.

Walgito, B., 1992, “Pengantar psikologi umum”, Yogyakarta: Andi Offset.

Wanhar, 2008, “Hubungan antara pemahaman konsep matematika dengan kemampuan menyelesaikan persoalan

matematika”, Jurnal Baruga, 1(3).

Wibowo, U. B., 2008, “Output lembaga pendidikan dalam perspektif ekonomi pendidikan”, Jurnal Manajemen

Pendidikan, 02(4), 17-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.