PENGEMBANGAN DAN UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI KARAKTERISTIK ZAT
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i1.6659Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar IPA SMP/MTs kelas VII pada materi Karakteristik Zat berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural 4-D. Penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap develop dengan uji coba lapangan secara terbatas. Instrumen penilaian untuk ahli evaluasi menggunakan skala Likert dalam bentuk checklist, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon guru IPA berupa skala respon. Kualitas instrumen penilaian hasil belajar IPA menurut ahli evaluasi adalah Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata 3,58 pada skala 1-4, sedang respon guru IPA terhadap instrumen penilaian hasil belajar IPA yang dikembangkan adalah Sangat Setuju (SS) dengan skor nilai rata-rata 3,39 pada skala 1-4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan dapat dijadikan salah satu standard untuk melakukan penilaian.References
Akbar, S., 2013, “Instrumen perangkat pembelajaranâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S., 2009, “Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi)â€, Jakarta: Bumi Aksara.
Carin, A. A., 1996, “Teaching science through discovery (8th ed.)â€, Toronto: Prentice Hall. Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciencesâ€, Journal of Adult
Education, 40(1), 19-22.
Dewi, Y.F., Asyar, R., dan Hariyadi, B. 2016, “Pengembangan instrumen penilaian berbasis pendekatan saintifik Kelas IV SD muatan IPA pada subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahkuâ€, EduSains, 5(1), 31-36.
Mulyasa, E., 2013, “Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013â€, Bandung: Remaja Rosdakarya. Pinilih, F. W., Budiharti, R., dan Ekawati, E. Y., 2013. “Pengembangan instrumen penilaian produk pada pembelajan IPA untuk siswa SMP,†Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 23-27.
Sudijono, A., 1996, “Pengantar evaluasi pendidikanâ€, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2010, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D,†Bandung: Alfabeta.laian.
Suardana, I. K., 2008, â€Penilaian portofolio dalam pembelajaran berbasis inquiry terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja,†Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 122-134.
Trianto, 2010, “Model pembelajaran terpadu konsep, strategi dan implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)â€, Jakarta: Bumi Aksara.
Wahono, Suryanda, A., Cahyana, U., Kistinah, I., Anifah, A., dan Suryatin, B., 2013, “Buku guru Ilmu Pengetahuan Alam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMP/MTs Kelas VIIâ€, Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Widiyoko, E. P., 2012, “Teknik penyusunan instrumen penilaian,†Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.