PENGEMBANGAN DAN UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI KARAKTERISTIK ZAT

Authors

  • Annisa Mahmuda Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ika Kartika Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,Yogyakarta
  • Raden Oktova Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i1.6659

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar IPA SMP/MTs kelas VII pada materi Karakteristik Zat berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural 4-D. Penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap develop dengan uji coba lapangan secara terbatas. Instrumen penilaian untuk ahli evaluasi menggunakan skala Likert dalam bentuk checklist, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon guru IPA berupa skala respon. Kualitas instrumen penilaian hasil belajar IPA menurut ahli evaluasi adalah Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata 3,58 pada skala 1-4, sedang respon guru IPA terhadap instrumen penilaian hasil belajar IPA yang dikembangkan adalah Sangat Setuju (SS) dengan skor nilai rata-rata 3,39 pada skala 1-4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan dapat dijadikan salah satu standard untuk melakukan penilaian.

References

Akbar, S., 2013, “Instrumen perangkat pembelajaranâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., 2009, “Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi)â€, Jakarta: Bumi Aksara.

Carin, A. A., 1996, “Teaching science through discovery (8th ed.)â€, Toronto: Prentice Hall. Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciencesâ€, Journal of Adult

Education, 40(1), 19-22.

Dewi, Y.F., Asyar, R., dan Hariyadi, B. 2016, “Pengembangan instrumen penilaian berbasis pendekatan saintifik Kelas IV SD muatan IPA pada subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahkuâ€, EduSains, 5(1), 31-36.

Mulyasa, E., 2013, “Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013â€, Bandung: Remaja Rosdakarya. Pinilih, F. W., Budiharti, R., dan Ekawati, E. Y., 2013. “Pengembangan instrumen penilaian produk pada pembelajan IPA untuk siswa SMP,†Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 23-27.

Sudijono, A., 1996, “Pengantar evaluasi pendidikanâ€, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2010, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D,†Bandung: Alfabeta.laian.

Suardana, I. K., 2008, â€Penilaian portofolio dalam pembelajaran berbasis inquiry terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja,†Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 122-134.

Trianto, 2010, “Model pembelajaran terpadu konsep, strategi dan implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)â€, Jakarta: Bumi Aksara.

Wahono, Suryanda, A., Cahyana, U., Kistinah, I., Anifah, A., dan Suryatin, B., 2013, “Buku guru Ilmu Pengetahuan Alam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMP/MTs Kelas VIIâ€, Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Widiyoko, E. P., 2012, “Teknik penyusunan instrumen penilaian,†Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2017-01-01

Issue

Section

Articles