Reduksi miskonsepsi mahasiswa Teknik Elektro pada materi induksi elektromagnetik melalui laboratorium virtual PhET

Defrianto Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi jumlah mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang mengalami miskonsepsi pada 7 konsep Induksi Elektromagnetik. Laboratorium Virtual PhET digunakan dalam perkuliahan untuk mengatasi miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest. Pretest dan posttest mengunakan soal diagnostik miskonsepsi Four-tier test. Hasil tes diagnostik miskonsepsi menggunakan Four-tier test menunjukan rata-rata sebanyak 39,86% mahasiswa mengalami miskonsepsi pada tiap konsep, kemudian setelah diterapkan kegiatan laboratorium virtual rata-rata jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi berkurang menjadi 10,71%. Uji McNemar menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap konsep, setelah dilakukan kegiatan laboratorium virtual. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan laboratorium virtual PhET efektif dalam mereduksi miskonsepsi mahasiswa pada materi induksi elektromagnetik


Keywords


Miskonsepsi; Laboratorium Virtual; PhET; Pemahaman Konsep; Induksi Elektromagnetik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i2.26397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Defrianto Pratama

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats