AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK DALAM IMPLEMENTASI LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI FISIKA MODERN DI SMA

Aisyah Azis, Irfan Yusuf

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui aktivitas dan persepsi peserta didik yang diajar dengan pembelajaran
berbasis laboratorium virtual pada materi Fisika Modern. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen, dan sampel populasi
berupa peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani, Makassar, Sulawesi Selatan, sebanyak 14 orang. Hasil
penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada di atas 80% dari setiap kriteria yaitu
memperhatikan demonstrasi, mencari konsep, melakukan perhitungan, latihan, mengkategorikan, menjelaskan konsep,
mempresentasikan, dan mengkreasikan proses. Persentase persepsi peserta didik adalah 91,03%, yang menunjukkan
bahwa peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran yang dilakukan.


Keywords


pembelajaran berbasis laboratoriumvirtual, aktivitas, persepsi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v5i2.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats