Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Metode Sets di Kelas IXE SMP Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah pada Konsep Energi dan Daya Listrik

. Juniati

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran SETS, (2) mengetahui motivasi peserta didik dalam pembelajaran SETS  dan (3) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran  melalui model pembelajaran SETS  pada konsep Energi dan Daya  Listrik kelas IXE SMP Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah tahun pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart  yang terdiri dari dua siklus penelitian serta dilaksanakan 11 Oktober sampai dengan 23 Nopember 2009, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IXE SMP Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 24 siswa. Aspek yang diamati meliputi aktivitas, motivasi dan  hasil belajar.  Kegiatan diawali perencanaan, pemberian  tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi tiap siklus digunakan sebagai bahan perencanaan  tindakan selanjutnya. Teknik analisis data yang digunakan menekankan pada deskripsi data. Data yang terkumpul berupa data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  aktivitas  peserta didik belajar fisika meningkat dari siklus I sebesar 30%  menjadi 70% pada siklus II, motivasi peserta didik meningkat dari 45% menjadi 80%.  Sedangkan untuk hasil belajar  peserta didik mengalami kenaikan dari kondisi awal terhadap siklus I, siklus I terhadap siklus II maupun kondisi awal terhadap siklus II. Dari kondisi awal terhadap siklus I terdapat kenaikan dari 72,60 menjadi 78,21, dari siklus I terhadap siklus II terdapat kenaikan dari 78,21 menjadi 80,67, sehingga kenaikan rata–rata dari kondisi  awal terhadap siklus II terdapat kenaikan dari 72,60 menjadi 80,67. Pada prosentase tuntas belajar juga juga terdapat kenaikan dari kondisi awal terhadap siklus I, siklus I terhadap siklus II, dan kondisi awal terhadap siklus II. Dari kondisi awal terhadap siklus I terdapat kenaikan prosentase tuntas belajar dari 42% menjadi 67%, dari siklus I terhadap siklus II terdapat kenaikan prosentase dari 67% menjadi 92%, sehingga kenaikan prosentase tuntas belajar dari kondisi awal terhadap siklus II terdapat kenaikan dari 42% menjadi 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan  model pembelajaran SETS pada konsep Energi dan Daya Listrik dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IXE SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2009/2010.

Keywords


SETS, aktivitas, motivasi, Energi dan Daya Listrik, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v2i1.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats