Penerapan reciprocal teaching berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa smp
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Reciprocal Teaching berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari dua siklus. Paradigma ini dimulai dengan perencanaan, kemudian tindakan, kemudian observasi, dan akhirnya kegiatan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada 26 siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Borobudur. Dalam penelitian ini nilai KKM adalah 65. Sedangkan tingkat keaktifan siswa minimal sedang (33%-66%). Sementara keterampilan komunikasi sains siswa cukup (66%-75%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Reciprocal Teaching berbantuan Google Sites dapat meningkatkan keaktifan guru pada kategori baik (94%) dan keaktifan siswa meningkat dari kategori sedang menjadi baik (71%), ketuntasan belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal pada Siklus II (77%) dan keterampilan komunikasi sains siswa meningkat dari kategori cukup menjadi baik secara signifikan (79%), sehingga penggunaan Reciprocal Teaching berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keterampilan sains siswa SMP berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia Ulfa, dkk. (2019). Perbandingan keterampilan komunikasi oral siswa melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe reciprocal teahing dalam pembelajaran biologi. Bio-Pedagogi:Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 111-119. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.37901
Budi Harsanto. (2012). Panduan e learning menggunakan google sites. Bandung: Unpad.
Debbie Treise, Michael F. Weigold. (2002). Advancing science communication: A survey of science communicators. Science Communication, 23(3), 310–322. DOI: https://doi.org/10.1177/107554700202300306
Dimyati, Mudjiono. (2006) Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Ferismayanti. (2020). Mengoptimalkan pemanfaatan google sites dalam pembelajaran jarak jauh. Diakses dari: https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/mengoptimalkan-pemanfaatan-google-sites-dalam-pembelajaran-jarak-jauh.
Hidayat, D. (2019). Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa MA. Jurnal Derivat, 5(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.141.
Mike Anita Putri. (2014). Pengembangan rubrik keterampilan proses sains. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2 (6), 15-26.
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/5905/3651
Munifah Sri Fajarwati. (2010). Penerapan model reciprocal teaching sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa kelas XI akuntansi RSBI di SMK Negeri 1 Depok. (Skripsi tidak diterbitkan). UNY, Yogyakarta.
Neneng Agustiningsih. (2019). Melatih keterampilan komunikasi dan kemandirian belajar siswa MA melalui model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) pada topik pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. BioEdUIN, 9(1), 30-42. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i1.4342
Novi Indriastuti, Sugini, Mohammad Anwar. (2020). The influence of reciprocal teaching towards the critical thinking skill improvement of blind students. Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS). Vol. 7(2): pp. 255- 265. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.ijds.2020.007.02.14
Stricklin, Kelley. (2011). Hands on reciprocal teaching: A comprehension technique. The Reading Teacher, 64 (8), 620-625. DOI: https://doi.org/10.1598/RT.64.8.8
Suparni. (2016). Model pembelajaran reciprocal teaching kaitannya dengan kemampuan komunikasi matematika siswa. Logaritma, IV(01), 110-124.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v4i01.1227
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Tsarina Maharani. (2021). Kemendikbud: Pembelajaran berbasis teknologi bakal terus digunakan. Diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2020/07/09/11561611/kemendikbud-pembelajaran-berbasis-teknologi-bakal-terus-digunakan.
Wirawan Fadly. (2017). Efektivitas model pembelajaran Fisika Produksi terhadap peningkatan aspek-aspek keterampilan berkomunikasi sains. Jurnal Ibriez, 2(1), 1-5. DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.27
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.22350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wuryanto Puji Siswoyo, Ishafit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: bfi@mpfis.uad.ac.id
p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465