Cover Image

Pembelajaran online dengan google classroom pada materi gerak lurus di sekolah menengah

Abd Rohman, Dwi Sulisworo

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran berbasis Learning Management System pada materi Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Siswa kelas X SMA Arrohmaniyah Ombul telah dilibatkan sebagai subyek dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa google classroom sebagai Learning Management System pada materi Gerak Lurus layak digunakan. Persentase rata-rata validasi ahli sebesar 78,8%, kategori valid. Hasil respon guru fisika rata-rata sebesar 82%, kategori sangat tertarik. Respon siswa yang setuju dan sangat setuju pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing sebesar 76% dan 92%. Jadi, dapat simpulkan bahwa media pembelajaran Google classroom layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arquero, J. L., del Barrio-García, S., & Romero-Frías, E. (2017). What drives students’ loyalty-formation in social media learning within a personal learning environment approach? The moderating role of need for cognition. Journal of Educational Computing Research, 55(4), 495–525.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25.

Beniston, L., Ellwood, P., Gold, J., Roberts, J., & Thorpe, R. (2014). Innovation development – an action learning programme for medical scientists and engineers. Action Learning: Research and Practice, 11(3), 311–329.

Fayanto, S., Kawuri, M. Y. R. T., Jufriansyah, A., Setiamukti, D. D., & Sulisworo, D. (2019). Implementation e-learning based moodle on physics learning in senior high school. Indonesian Journal of Science and Education, 3(2), 93–102.

Hariadi, M. H., Jumadi, J., Wilujeng, I., Kuswanto, H., Wulandari, W., & Sundari, S. (2019). Inquiry training learning model assisted by google classroom to improve creative thinking skills of senior high school students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 198–207.

Hudan Ramadhan, R., Ratnaningtyas, L., Kuswanto, H., & Wardani, R. (2019). Analysis of physics aspects of local wisdom: long bumbung (bamboo cannon) in media development for android-based physics comics in sound wave chapter. Journal of Physics: Conference Series, 1397, 012016.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan e-learning berbasis moodle pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) bagi siswa kelas V SD Negeri Kotagede I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–182.

Kaniawati, I. (2017). Pengaruh simulasi komputer terhadap peningkatan penguasaan konsep impuls-momentum siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 24–26.

Khansa, M. L., & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android sebagai daya dukung pembelajaran siswa homeschooling. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika, Fisika, dan Aplikasinya, 117–122.

Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis web terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Paguyangan pada mata pelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor. Scientiae Educatia, 6(1), 1–7.

Lee, J.-H. (2000). Analysis of tire effect on the simulation of vehicle straight line motion. Vehicle System Dynamics, 33(6), 373–390.

Savahl, S., September, R., Odendaal, W., & Moos, A. (2008). Information and Communication Technology: A Descriptive Study of Children’s Communication Patterns. South African Journal of Psychology, 38(3), 515–525.

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61.

Sudibyo, A. (2013). Penggunaan media pembelajaran fisika dengan e-learning berbasis edmodo blog education pada materi alat optik untuk meningkatkan respons motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 187–190.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif, kuntitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, S., Ishafit, I., & Setyawati, E. (2019). Development student worksheet in the topic of regular circular motion with blended learning based edmodo as learning motivations for student. Indonesian Review of Physics, 2(2), 28–33.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v11i1.20344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abd Rohman, and Dwi Sulisworo

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats