Analisis Mikrostruktural dan Makrostruktural Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam (Sebuah Analisis Wacana)

Roni Sulistiyono

Abstract


Salah satu sarana untuk mempermudah pemahaman terhadap wacana adalah hubungan koherensi dan kohesi antarkalimat atau antarparagraf. Hubungan kohesi dan koherensi dibangun melalui aspek mikrostruktural dan makrostruktural. Oleh karena itu, untuk memahami wacana sastra novel Para Priyayi karya Umar Kayam secara utuh dan menyeluruh perlu dilakukan analisis mikrostruktural dan makrostruktural. 

Subjek dalam penelitian ini adalah novel Para Priyayi karya Umar Kayam, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang mengandung kohesi leksikal, kohesi gramatikal, konteks, dan inferensi. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan batat, sedangkan metode analisis data menggunakan metode kontekstual dan deskriptif.

Aspek gramatikal sebagai pendukung aspek mikrostruktural yang digunakan meliputi referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi, sedangkan aspek leksikal yang mendukung meliputi repetisi, antonimi, sinonimi, hiponimi, dan kolokasi. Aspek leksikal yang berbentuk ekuivalensi tidak ditemukan. Pendukung aspek makrostruktural yang digunakan dalam novel Para Priyayi meliputi konteks dan inferensi. Melalui pemahaman konteks situasi dapat diketahui bahwa novel ini menceritakan kehidupan para priyayi Jawa pada masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, dan pada waktu terjadinya peristiwa Gestapu. Melalui konteks budaya dapat diketahui bahwa novel ini menceritakan kehidupan priyayi Jawa dan dalam penulisannya dipengaruhi budaya Jawa sehingga memberikan kekhasan atas novel Para Priyayi ini. Melalui konteks pemakaian bahasa dapat dipahami inferensinya; 1) seorang priyayi harus memihak masyarakat kecil, 2) semua orang mempunyai hak menjadi seorang priyayi (priyayi bukan monopoli orang darah biru), 3)Sudarsono dan Lantip merupakan satu contoh orang di luar darah biru dapat menjadi seorang priyayi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v25i2.6287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Roni Sulistiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BAHASTRA

ISSN : 0215-4994 (Print)

ISSN : 2548-4583 (Online)

Published by Universitas Ahmad Dahlan

 

 

Bahastra is licensed under  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Bahastra Stats