CITRA PEREMPUAN DALAM LIRIK LAGU BOJO GALAK KARYA PENDHOZA
DOI:
https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i2.11441Keywords:
Citra Perempuan, Bojo Galak, PendhozaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lirik lagu Bojo Galak dalam menggambarkan citra tokoh perempuan di mata pasangannya yang setia. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk melihat lirik Bojo Galak sebagai salah satu bahasa yang menggambarkan citra perempuan menggunakan pendekatan semiotik dan linguistik kognitif. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa citra perempuan yang digambarkan dalam lirik lagu Bojo Galak karya Pendhoza menunjukkan citra perempuan yang memiliki superioritas tinggi. Citra seorang perempuan yang ditampilkan dalam lirik lagu Bojo Galak digambarkan, perempuan sebagai subjek superior yang memiliki kekuasaan lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Atau singkatnya wanita sebagai kaum yang benar, sedangkan laki-laki sebagai kaum yang tertindas. Hal ini terlihat pada beberapa lirik lagu yang disajikan oleh pencipta. Selain itu, lirik-lirik yang membangun lagu Bojo Galak ini juga merepresentasikan bahwa masih ada laki-laki yang tetap setia dan berusaha mempertahankan rumah tangganya walaupun ia sering tersakiti. Karena sejatinya, bagaimanapun keadaannya laki-laki selalu membutuhkan seorang wanita.References
Alex, Sobur. (2006). Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT. Rosdakarya.
Amshori, Nanda. Choirul. (2017). “Bahaya Laten Dangdut Koplo†(Online), (https://www.kompasiana.com/nandachoirul/bahaya-laten-dangdutkoplo_574cfff3f47a61e904313039, diakses tanggal 1 Juli 2018).
Arifin, F. (2017). Citra Perempuan dalam Lirik Lagu Kimcil Kepolen Karya Ndx Aka Familia dalam Prespektif Linuistik Kognitif. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9 (2): 161-176.
DSA. (2017). BOJO GALAK. DSA Record. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=7vfdDrFf9kg.
Harimurti, K. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kibul.in. (2017). Pendhoza: “Bojo Galak itu Lagu Kami, Bukan Nella Kharisma. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=-y9ApnLqfpM.
Leech, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pragmatik (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa:Tahapan, Strategi, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pendhoza. (2017). BOJO GALAK. Official Video. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=H8eH_XfjRpc
Raditya, M. H. B. (2013). Dangdut Koplo : Selera Lokal Menjadi Selera Nasional. Jurnal Seni Musik, 2(2): 1-6.
Raditya, Michael. (2013). “Hibriditas Musik Dangdut dalam Masyarakat Urbanâ€. Journal of Urban Society’s Art. 13. (1): 1-14.
Wallach, J. (2014). Notes on Dangdut Music, Popular Nationalism, and Indonesian Islam. In B. Barendregt (Ed.), Sonic Modernities in the Malay World A History of Popular Music, Social Distiction and Novel Lifestyles (1930s-2000s) (pp. 271–290). Leiden: BRILL.
Weintraub, Andrew N. (2012). Dangdut; Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).
Wijana, I. D. P. (2010). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.